Beda Nasib Quartararo dan Rossi di Tes MotoGP 2021

Quartararo gemilang, Rossi terjengkang

Jakarta, IDN Times - Hasil berbeda diterima oleh Valentino Rossi dan Fabio Quartararo dalam sesi tes hari kedua MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (7/3/2021). Saat Quartararo mencatatkan catatan waktu tercepat, Rossi justru memble.

Tes di Losail ini dijadwalkan berlangsung selama empat hari. Setelah para pembalap menjalani tes di hari pertama pada Sabtu (6/3/2021), mereka kembali melakoni uji coba kemarin. Bagaimana hasil lengkap tes hari kedua ini?

Baca Juga: Target Marc Marquez: Comeback di MotoGP Qatar 2021

1. Quartararo memimpin bersama Monster Energy Yamaha

Beda Nasib Quartararo dan Rossi di Tes MotoGP 2021gpone.com

Quartararo mencatatkan hasil apik dalam tes MotoGP 2021 hari kedua. Setelah membukukan hasil kurang apik di hari pertama, dia tampak lebih nyaman mengendarai M1 di hari kedua setelah beberapa penyesuaian dilakukan Yamaha.

Pembalap asal Prancis itu jadi yang tercepat di tes hari kedua, dengan catatan waktu satu menit 53,94 detik. Dia menungguli Jack Miller, Aleix Espargaro, dan Franco Morbidelli, yang membuntutinya di peringkat dua, tiga, dan empat.

"Ya, hari ini (tes MotoGP 2021 hari kedua) terasa lebih baik buat saya. Namun, sulit bagi kami untuk evaluasi, mengingat kami melakukan banyak perubahan pada motor dibandingkan kemarin," ujar Quartararo, dilansir Crash.

Quartararo juga belum banyak berkomentar soal sasis motornya. Dia menyebut akan ada banyak perubahan yang dilakukan pada motornya dalam beberapa hari ke depan, bergantung dari hasil tes ini.

"Dalam tiga hari ke depan, kami akan mencoba lagi (membuat perubahan). Namun, memang hasil dari tes ini menunjukkan motor kami bagus, meski ada beberapa peningkatan yang masih bisa kami lakukan," ujar Quartararo.

2. Rossi jeblok hingga posisi 20

Beda Nasib Quartararo dan Rossi di Tes MotoGP 2021motogp.com

Lain dengan Quartararo, Valentino Rossi justru memble di tes hari kedua MotoGP 2021. Bersama tim barunya, Petronas Yamaha, dia hanya mampu bertengger di posisi 20, dengan selisih catatan waktu sebesar 1,768 detik dari Quartararo.

Rossi mengakui catatannya ini sangat buruk. Dia merasa taknyaman dengan motor yang dikendarainya. Masalah ini berlanjut selama sesi tes hari kedua ini.

"Kami benar-benar harus mengusahakan semuanya, mulai dari ban, pegangan terhadap motor, dan sudah mencoba banyak hal yang berbeda. Namun, kami masih belum menemukan solusi," ungkap Rossi.

"Namun, mungkin juga saya yang kurang cepat. Intinya, kami harus mengecek data lagi ke depannya bersama tim dan mencoba cari cara baru untuk tes berikutnya," lanjutnya.

3. Tes selanjutnya akan berlangsung pada 10-12 Maret

Beda Nasib Quartararo dan Rossi di Tes MotoGP 2021Balap Motor.Net

Setelah tes pada 6 dan 7 Maret 2021 rampung, tes MotoGP selanjutnya akan dihelat pada pekan ini. Tes digelar pada 10 hingga 12 Maret 2021, dan masih digelar di Sirkuit Losail, Qatar.

Sirkuit yang sama juga akan jadi tempat pembukaan MotoGP musim 2021, dan juga balapan MotoGP selanjutnya pada 4 April 2021 mendatang.

Baca Juga: 2 Calon Juara MotoGP 2021 Versi Marc Marquez, Siapa Saja?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya