Bekuk Malut United, Semen Padang Susul PSBS Biak ke Liga 1

Malut United kesusahan membobol gawang Semen Padang

Jakarta, IDN Times - Malut United tumbang dalam laga leg kedua semifinal Liga 2 2023/24. Bertemu Semen Padang di Stadion H Agus Salim, Kamis (29/2/2024) sore, Laskar Kie Raha kalah tipis dengan skor 0-1. Kabau Sirah ke Liga 1 lebih dulu.

Gol tunggal kemenangan Semen Padang di laga ini dicetak oleh Ahmad Ihwan (23'). Berkat kemenangan ini, mereka unggul agregat 2-1 atas Malut United, memastikan satu tempat di final Liga 2 plus kelolosan ke Liga 1 musim depan.

Di awal babak pertama, Semen Padang sebagai tuan rumah langsung menekan lini pertahanan Malut United. Di sisi lain, Malut United agak gelagapan menghadapi tekanan dari Semen Padang yang langsung intens ini.

Namun, seiring babak pertama berjalan, Malut United mulai menyesuaikan diri. Mereka melakukan beberapa serangan balik ke lini pertahanan Semen Padang, meski masih ditekan lawan. Laga pun berjalan seru.

Pada menit 23, Semen Padang memecah kebuntuan. Tekanan dari Rosad Setiawan sukses diselesaikan oleh Ahmad Ihwan di kotak penalti. Skor berubah menjadi 1-0, dan Semen Padang mulai nyaman dalam bermain.

Tertinggal satu angka, Malut United mulai mengejar. Sialnya saat mereka berusaha menyamakan angka, Semen Padang memanfaatkan ini untuk melepaskan beberapa tekanan balik berbahaya. Beruntung, tekanan itu urung berbuah gol.

Akan tetapi, tekanan dari Malut United juga urung berbuah hasil di sisa waktu babak pertama ini. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Semen Padang.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh kedua tim. Usai memasukkan Arsyad Yusgiantoro dan Vivi Asrizal di babak pertama, Semen Padang memasukkan Fandi Eko dan Dwiki Arya di babak kedua ini.

Sedangkan Malut United, mereka memasukkan Dave Mustaine, Rifal Lastori, Ilham Udin Armaiyn, Ahmad Baasith, dan Saddam Tenang. Beberapa perubahan ini membuat intensitas permainan terjaga.

Situasi masih tidak jauh berbeda dengan di babak pertama. Di babak kedua ini, Semen Padang masih jadi tim yang lebih dominan dalam menekan. Perlu diakui, kekuatan sayap dari tim berjuluk 'Kabau Sirah' ini memang luar biasa.

Tekanan dari dua sisi sayap, terutama sayap kiri, menjadi andalan dari Semen Padang. Sedangkan Malut United, mereka mengandalkan pengalaman para pemainnya yang sempat mentas di Liga 1. Peran Frets Butuan hingga Jose Wilkson begitu terasa.

Di sisa waktu babak kedua, Malut United masih kesusahan membobol gawang Semen Padang. Sama seperti di leg pertama, kekuatan pertahanan Semen Padang patut diacungi jempol. Mereka mampu menetralisir beberapa tekanan dari Malut United.

Situasi ini bertahan sampai babak kedua tuntas. Skor 1-0 untuk Semen Padang tetap bertahan dan membawa mereka lolos ke Liga 1 dan final Liga 2 2023/24. Sedangkan bagi Malut United, mereka harus bisa mengalahkan Persiraja agar bisa menyusul.

Baca Juga: Malut United Siap Amankan Tiket Liga 1 Musim Depan di Padang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya