Dayung Indonesia Belum Beruntung di Asian Games 2022 Hari Ini

Dayung Indonesia gagal menambah raihan medali

Jakarta, IDN Times - Tim dayung Indonesia belum dinaungi keberuntungan saat mentas pada Senin (25/9/2023). Mereka belum berhasil menambah perolehan medali di Asian Games 2022, usai meraih tiga medali sehari sebelumnya atau pada Minggu kemarin.

Bertempat di Fuyang Water Sports Center, ada tiga nomor final yang diikuti tim dayung Indonesia. Ketiga nomor itu adalah men’s four, women’s quadruple sculls, dan men’s quadruple sculls.

1. Indonesia belum beruntung

Dayung Indonesia Belum Beruntung di Asian Games 2022 Hari IniTim dayung Indonesia di Asian Games 2022. (Dok. NOC Indonesia)

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Games 2022 Basuki Hadimuljono menyebut, dayung Indonesia belum beruntung hari ini. Sebab, selisih para wakil Indonesia itu sejatinya tidak terpaut jauh dari negara-negara lain.

“Hari ini kita belum beruntung, dan bedanya hanya ada yang 0,2 detik ada juga yang dua detik (dengan peraih perunggu)," ujar Basuki dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, Budiman Setiawan selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PODSI menambahkan hasil di tiga nomor perlombaan ini belum sesuai target.

“Targetnya kita sebetulnya antara perak atau perunggu. Tapi anak-anak sudah optimal, tadi sudah baik,” kata Budiman.

Baca Juga: Asian Games 2022: Tim Dayung ke Final, Voli Pantai Menang

2. Fisik Indonesia harus ditingkatkan

Dayung Indonesia Belum Beruntung di Asian Games 2022 Hari IniTim dayung Indonesia di Asian Games 2022. (Dok. NOC Indonesia)

Basuki berujar, evaluasi bagi tim dayung Indonesia ke depannya berkaitan dengan fisik. Sebab, secara tinggi badan, mereka sudah kalah dari China yang tingginya bisa mencapai 185 cm hingga 190 cm.

"Tadi kami ngobrol-ngobrol mungkin fisik yang harus dievaluasi. Kalau kita lihat China tinggi badan atletnya 185 cm, 190 cm. Kami perlu training fisiknya di kuatkan lagi,” kata sosok yang juga Ketua Umum PB PODSI itu.

3. Urung menembus posisi tiga besar

Dayung Indonesia Belum Beruntung di Asian Games 2022 Hari IniTim dayung Indonesia di Asian Games 2022. (Dok. NOC Indonesia)

Di nomor men's four yang diperkuat pedayung Ferdiansyah, Denri Maulidzar Alghifari, Ardi Isadi, dan Asihan Pattiha, tim Indonesia finis di urutan kelima dengan catatan waktu 6 menit 17,55 detik.

Sementara itu, Mutiara Rahma Putri, Nurtang/Chelsea Corputty, dan Julianti yang turun di nomor women's quadruple sculls juga harus mengakui keunggulan tuan rumah China yang berhasil finis tercepat dengan catatan enam menit 42,84 detik.

Indonesia finis di urutan keempat dengan catatan waktu enam menit 56,50 detik. Dari nomor men’s quadruple sculls, Indonesia juga finis di urutan keempat lewat catatan waktu enam menit 9,75 detik.

Catatan waktu tersebut berselisih 7,10 detik dari wakil China. Tim dayung Indonesia sendiri baru bisa menyumbang dua perunggu dalam Asian Games 2022 ini.

Baca Juga: Dayung Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia Asian Games 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya