DBON Mau Diubah, Perlu atau Nggak?

Cabor DBON ada yang gak kasih medali di Asian Games

Jakarta, IDN Times - Muncul isu adanya perubahan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menyusul hasil Indonesia di Asian Games 2022, Hangzhou. Hal ini pun dikomentari oleh Profesor olahraga Indonesia, Tandiyo Rahayu.

Menurut Tandiyo, DBON mulai menunjukkan hasilnya Bukan di level atas, tapi justru pembinaan.

"DBON sudah menunjukkan hasil. Pembinaan mulai menunjukkan hasilnya, utamanya karena terarah, terdesain, dan memiliki prioritas yang jelas. Kenapa ada yang mau DBON diubah dan diganti?" ungkap Tandiyo dalam keterangan resminya.

1. DBON membantu arah pengembangan olahraga Indonesia

DBON Mau Diubah, Perlu atau Nggak?Tim beregu cabor menembak di Asian Games 2022. (Dok. NOC Indonesia).

Tandiyo menilai setidaknya dalam dua tahun terakhir, arah olahraga prestasi di Indonesia sudah tepat. Semuanya, lanjut dia, serba terukur dan terencana. Semua karena DBON yang lahir dari Perpres No. 86 Tahun 2021.

Ibarat alat untuk mencapai tujuan, DBON saat ini sudah dianggapnya sebagai peta jalan yang berperan sangat baik dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi olahraga di Indonesia.

"Semuanya serba terukur dan terencana. Dan terlalu naif bila menilai keberhasilan sebuah desain pembinaan hanya dalam tiga tahun. Apalagi, sudah jelas DBON adalah sebuah desain yang jangka waktunya panjang," ungkap Tandiyo.

2. DBON bisa jadi jalan prestasi menuju Olimpiade 2024

DBON Mau Diubah, Perlu atau Nggak?Lifter senior Indonesia, Eko Yuli Irawan di Asian Games 2022 Hangzhou (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Tandiyo mengaku optimistis Indonesia bisa terus berprestasi, khususnya pada Olimpiade 2024 di Paris. Apalagi, ada DBON yang sejatinya bisa jadi pengarah bagi Indonesia untuk meningkatkan beberapa cabor.

Dengan sebagian besar cabang olahraga yang berhasil di Asian Games 2022 akan dipertandingkan di Olimpiade Paris kembali, dia meyakini Indonesia masih memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri.

3. Ada cabor DBON yang melempem di Asian Games 2022

DBON Mau Diubah, Perlu atau Nggak?Atlet wushu Indonesia, Samuel Marbun (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Berkaca dari hasil Indonesia di Asian Games 2022 di Hangzhou, sebenarnya ada cabor DBON yang mendulang hasil buruk. Bulu tangkis adalah salah satu cabor yang dimaksud.

Mereka sama sekali tak meraih medali di Asian Games 2022. Catatan itu, menjadi yang terburuk buat Pasukan Merah Putih sepanjang sejarah cabang olahraga bulu tangkis Indonesia di Asian Games.

Sementara, cabor seperti menembak, wushu, sepeda, angkat besi, dan panjat tebing, berkontribusi dalam memberikan medali kepada Indonesia di Asian Games dengan total tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu.

Baca Juga: Asian Games 2022 Jadi Bahan Evaluasi Menuju Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya