Debby Susanto: Indonesia Bisa Juara Uber Cup 2026

Tim Indonesia ciamik di Uber Cup 2024

Jakarta, IDN Times - Mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Debby Susanto, menelurkan sebuah prediksi yang menarik. Dia optimistis tim Merah Putih bisa meraih gelar Uber Cup 2026, mengacu pada kekuatan mereka saat ini.

"Mudah-mudahan dua tahun lagi ya (juara Uber Cup 2026) kalau lihat dari sekarang. Yang penting, mereka harus tetap bisa jaga percaya dirinya, tetap yakin sama kemampuan mereka, tetap optimistis," ujar Debby di Kemenpora, Minggu (5/5/2024).

1. Apresiasi Debby untuk tim Uber 2024

Debby Susanto: Indonesia Bisa Juara Uber Cup 2026Komang Ayu Cahya Dewi bawa tim beregu putri Indonesia ke final Uber Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Debby mengapresiasi perjalanan Indonesia di Uber Cup 2024. Dengan ekspektasi yang tidak tinggi, mereka mampu melebihi itu dan tembus final. Bahkan, dalam perjalanannya, mereka mampu mengalahkan tim-tim kuat.

"Kita tahu biasanya tim Thomas, yang selalu diunggulkan, tim putri itu tidak terlalu banyak dikasih target. Tapi ternyata mampu membuktikan, tidak hanya semifinal, mereka juga mampu sampai ke babak final," kata Debby.

Baca Juga: Menpora Dito: Ada Bonus buat Tim Thomas dan Uber Cup 2024

2. Sorotan khusus Debby untuk tunggal putri

Debby Susanto: Indonesia Bisa Juara Uber Cup 2026Gregoria Mariska Tunjung di babak penyisihan grup C Uber Cup 2024 melawan Jepang (dok. PP PBSI)

Lebih lanjut, Debby memberikan sorotan khususnya untuk tunggal putri Indonesia. Nama-nama macam Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi, dan Komang Ayu mampu menjadi tumpuan dan memberikan hasil di Uber Cup 2024.

"Kita harus apresiasi sektor tunggal putri karena kita tahu tunggal putri penampilannya luar biasa sepanjang Uber Cup. Lalu jadi penentu juga. Ada Gregoria, ada Ester, ada Komang, yang pasti harus support terus," ujar Debby.

3. Indonesia kawinkan runner-up Thomas dan Uber Cup 2024

Debby Susanto: Indonesia Bisa Juara Uber Cup 2026Tim beregu putri Indonesia ke final Uber Cup 2024 (dok. PP PBSI)

Jika China sukses mengawinkan gelar Thomas dan Uber Cup 2024, Indonesia berhasil mengawinkan gelar runner-up di ajang yang sama. Meski gagal, Menpora Dito melihat hal ini adalah hasil dari progres bulu tangkis Indonesia yang sempat melempem.

"Progres prestasi yang ditunjukkan tim Thomas dan Uber Cup 2024 Indonesia sangat luar biasa, mereka bisa menembus final dan berhadapan dengan tuan rumah. Mereka sudah memberikan yang terbaik di ajang ini," kata Menpora Dito.

Baca Juga: Daftar Juara Uber Cup dari Masa ke Masa, Didominasi China

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya