Fabio Quartararo Kena Sial Usai Juara MotoGP

Fabio Quartararo gagal finis di MotoGP Algarve

Jakarta, IDN Times - Baru saja resmi menjuarai MotoGP 2021, Fabio Quartararo sudah ketiban sial di MotoGP Algarve. Alih-alih masuk podium, Quartararo malah terjatuh dan gagal finis dalam balapan yang dihelat Minggu (7/11/2021) malam WIB tersebut.

Quartararo pun mengakui telah bikin kesalahan di Algarve. Keinginannya untuk mendobrak batas di Algarve membuatnya harus mengalami kecelakaan. Dia telat melakukan pengereman sehingga terjatuh.

"Saya sudah tahu kenapa jatuh. Saya telat mengerem dan terlalu memaksakan diri. Sayang sekali, saya jatuh di sini, padahal motor berada dalam kondisi bagus. Memang, di MotoGP, kami tidak boleh melakukan kesalahan," ujar Quartararo, dilansir Autosport.

1. Quartararo jatuh karena mencoba menyusul Jorge Martin

Fabio Quartararo Kena Sial Usai Juara MotoGPBagnaia berada di depan Quartararo saat GP Italia (motogp.com)

Terjatuhnya Quartararo disebabkan oleh upaya berlebihan untuk menyusul Jorge Martin. Jadi, ketika menghuni posisi tujuh, dia coba naik ke posisi enam yang ditempati Martin.

Namun, karena Yamaha bukan motor dengan kecepatan andal, dia kesulitan menghadapi Martin yang menggunakan Ducati. Alhasil, Quartararo melakukan segala upaya untuk menyusul. Sial, dia justru terjatuh di lap 21, dan tidak bisa melanjutkan balapan.

"Saya ingat pada April 2021 lalu, Francesco Bagnaia bisa menyusul dengan mudah meski memulai balapan dari posisi 11. Namun, sekarang saya harus rela berada di belakang Martin dalam 15 lap. Sialnya, saya tidak bisa menyusulnya dan akhirnya terjatuh," ujar Quartararo.

Baca Juga: Valentino Rossi: Waktu Saya di MotoGP Tinggal 10 Hari Lagi

2. Jadi kali pertama Quartararo gagal finis di 2021

Fabio Quartararo Kena Sial Usai Juara MotoGPFabio Quartararo pada GP Styria (motogp.com)

Insiden di Algarve jadi noda hitam Quartararo di musim 2021. Setelah tampil maksimal selama 16 balapan sebelumnya, dia akhirnya gagal finis untuk pertama kalinya musim ini di Algarve. Dia pun menyayangkan hal ini terjadi.

"Sejujurnya, kondisi saya sedang bagus sebelum balapan. Sialnya, saya harus terjatuh. Saya menyayangkan ini terjadi, tetapi mencoba biasa saja dan melihat apa yang akan terjadi ke depannya," ujar Quartararo.

3. Quartararo melihat kelemahan Yamaha

Fabio Quartararo Kena Sial Usai Juara MotoGPFabio Quartararo pada GP Catalunya (motogp.com)

Dengan kecelakaan ini, Quartararo melihat juga kelemahan yang ada di motor Yamaha. Menurutnya, top speed Yamaha masih kalah dari pembalap lain. Setidaknya, ini bisa jadi evaluasi bagi Yamaha untuk musim depan.

"Saya bisa melihat jelas kelemahan dari motor kami yang tidak dimiliki orang lain. Namun, saya juga bisa melihat nilai plus dari motor kami. Intinya, kami harus punya top speed yang lebih baik. Jika tidak, kami akan sulit menyusul, laiknya di MotoGP Algarve," tutur Quartararo.

Baca Juga: Tanpa Marquez, MotoGP Algarve Jadi Sulit Bagi Honda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya