Gelar Aprilia Manganang di Level Nasional Dipastikan Aman

Penghargaan level nasional tak akan dicabut

Jakarta, IDN Times - Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI, Hanny Surkatty, menegaskan penghargaan yang pernah didapat Aprilia Manganang di level domestik tidak akan dicabut oleh PBVSI, terlepas dari perubahan status yang dialaminya sekarang.

"Seluruh penghargaan mulai dari Proliga dan sebagainya, di skala nasional, tidak akan kami cabut. Itu hak dia. Ini juga bukan faktor kesengajaan dan faktor kelahiran. Dia pun tidak tahu dirinya laki-laki," ujar Hanny dalam jumpa pers virtual, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Jangan Hakimi Aprilia Manganang

1. Aprilia Manganang tidak bisa main lagi di tim putri

Gelar Aprilia Manganang di Level Nasional Dipastikan AmanInstagram.com/manganang

Meski penghargaannya di tingkat nasional tidak akan dicabut, Hanny menegaskan Aprilia ke depannya tidak bisa lagi main di tim putri. Meski sudah pensiun, jika kelak dia ingin main di Proliga lagi, pastinya main di tim putra.

"Sekarang April tidak bisa bermain lagi di tim putri kalau ingin bermain lagi. Jika mau ikut lagi (di Proliga) harus ikut sebagai tim putra," ujar pria yang juga menjabat Direktur Proliga tersebut.

2. Menpora minta jangan menghakimi Aprilia

Gelar Aprilia Manganang di Level Nasional Dipastikan AmanZainudin Amali, Menpora RI dalam acara Ngobrol Seru by IDN Times dengan tema "Otomotif di Tengah Pandemik COVID-19, Seperti Apa?" (IDN Times/Besse Fadhilah)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, turut bicara soal kasus perubahan status yang dialami Aprilia. Amali meminta publik agar tetap bijak dalam menyikapi kasus ini.

Bagi Amali, seharusnya Aprilia mendapat dukungan terhadap situasi yang dialaminya. Jangan pernah menghakimi Aprilia, ditegaskan oleh Amali.

"Sebab, yang bersangkutan juga tak sadar. Sehingga, apa yang sudah terjadi tak ada masalah," ujar Amali di kantornya kepada para pewarta, Rabu (10/3/2021).

3. Nama dan jenis kelamin Aprilia akan segera diubah

Gelar Aprilia Manganang di Level Nasional Dipastikan Amaninstagram.com/manganang92

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyatakan Serda Aprilia Manganang akan mengalami perubahan identitas, di antaranya perubahan nama dan jenis kelamin.

Perubahan nama ini sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan. Aprilia juga akan mengubah status jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki.

"Dari sebelumnya, kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orang tuanya. Dengan harapan, setelah ini Sersan Manganang bisa jadi seseorang yang memang ditakdirkan untuknya," ujar Andika dalam jumpa pers di Mabes TNI AD, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Aprilia Manganang Sudah Dipanggil Abang di Instagram

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya