Jelang FIBA Asia Cup, 3 Hal Ini Dibenahi Timnas Basket Indonesia

Masih harus perbaiki inside pressing, turn over, dan rebound

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia terus berbenah jelang gelaran FIBA Asia Cup 2022. Terbaru, mereka menggelar sesi latihan di Hall Basket Senayan, Senin (11/7/2022).

Manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Santoso berujar, ada tiga hal yang kini tengah dibenahi oleh skuad Merah Putih. Perbaikan ini merupakan hasil dari evaluasi yang dilakukan selepas ajang Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023. Apa saja tiga hal tersebut?

1. Inside pressing yang dibenahi

Jelang FIBA Asia Cup, 3 Hal Ini Dibenahi Timnas Basket IndonesiaLatihan Timnas Basket Indonesia jelang FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jeremy mengungkapkan, salah satu hal yang tengah dibenahi dari Timnas Basket Indonesia saat ini adalah soal inside pressing. Di laga kualifikasi kemarin, inside pressing jadi masalah. Kini, hadirnya Marques Bolden diharapkan dapat memperbaiki hal itu.

"Yang dibenahi adalah soal inside pressing, di mana akan ada Marques Bolden main, jadi saya rasa anak-anak secara offense dan defense akan percaya diri karena hadirnya Bolden bisa bikin inside pressing makin bagus," ujar Jeremy di Senayan, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Beraksi di Istora, Yudha Saputera Jadi Idola 

2. Turn over juga jadi fokus Timnas Basket Indonesia

Jelang FIBA Asia Cup, 3 Hal Ini Dibenahi Timnas Basket IndonesiaLatihan Timnas Basket Indonesia di Istora. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain inside pressing, Jeremy berujar bahwa turn over juga jadi fokus pembenahan Timnas Basket Indonesia. Di ajang kualifikasi kemarin, tampak bahwa Indonesia kerap terkena turn over saat ditekan pemain dengan postur tubuh lebih besar.

"Lalu untuk turn over, kita kadang-kadang suka turn over kalau di-press oleh pemain dengan size yang lebih besar. Hal ini juga harus diperbaiki," ujar Jeremy.

3. Rebound Timnas Basket Indonesia juga jadi fokus perbaikan

Jelang FIBA Asia Cup, 3 Hal Ini Dibenahi Timnas Basket IndonesiaTrofi FIBA Asia Cup 2022, (IDN Times/Tino)

Terakhir, Jeremy mengatakan bahwa Timnas Basket Indonesia juga tengah berfokus pada rebound. Agar bisa bersaing, terutama dengan tim-tim yang lebih kuat, dia menyebut rebound harus jadi aspek yang dikuasai oleh skuad Merah Putih.

"Kita juga harus fight untuk rebound, di mana rebound kita harus menang di situ lah untuk melawan tim yang overall size-nya lebih besar, jadi saya rasa anak-anak memiliki fighting spirit yang berbeda," ujar Jeremy.

Timnas Basket Indonesia tergabung di Grup A dalam gelaran FIBA Asia Cup 2022. Skuad Merah Putih berada satu grup dengan Australia, plus dua lawan di Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023, yakni Arab Saudi dan Yordania.

Baca Juga: 12 Roster Timnas Basket Indonesia Vs Yordania, Ada Bolden

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya