Jonatan Christie Perpanjang Napas Indonesia di Final Thomas Cup 2024

Jojo menang rubber game

Jakarta, IDN Times - Jonatan Christie gemilang dalam laga final Thomas Cup 2024. Bersua Li Shi Feng di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Minggu (5/5/2024) malam WIB, sosok yang karib disapa Jojo itu menang tiga gim, 21-16, 15-21, 21-17.

Di awal gim pertama, Jojo mampu menancapkan keunggulan. Tekanan yang dia lepaskan membuat Shi Feng kesulitan. Bahkan, peraih gelar All England 2024 ini sempat unggul jauh dengan skor 9-5. Namun, inkonsistensi menghinggapinya.

Setelah unggul jauh, Jojo mengendurkan tekanan. Hal ini dimanfaatkan oleh Shi Feng untuk menekan balik. Dia mulai melancarkan pukulan-pukulan tajam. Hal itu membuat Jojo kelabakan. Dia mulai banyak melakukan kesalahan individu.

Alhasil, interval gim pertama berakhir untuk keunggulan Shi Feng dengan skor 11-9. Selepas interval, justru wakil China itu yang main lebih baik. Jojo tampaknya masih kesulitan untuk menemukan titik bangkitnya.

Saat Shi Feng masuk poin 15, Jojo mulai berbenah. Dia memperbaiki performanya dan coba bermain lebih klinis. Tidak cuma itu, dia juga ditolong oleh kesalahan-kesalahan yang mulai Shi Feng lakukan.

Jojo pun berbalik unggul dan memenangkan gim pertama dengan skor 21-16. Memasuki gim kedua, Jojo sempat tampil dominan. Namun, beberapa kesalahan yang dilakukan wakil Indonesia itu sempat membuat Shi Feng berbalik unggul 9-6.

Interval gim kedua pun dimenangkan Shi Feng dengan skor 11-7. Selepas interval, wakil China tersebut tetap menunjukkan dominasinya. Jojo berusaha mengejar. Di tengah gim kedua, dia melancarkan beberapa serangan apik.

Meski sudah berupaya, keunggulan Shi Feng di gim kedua sudah tak terbendung. Ditambah lagi, semangat Jojo laiknya di gim pertama hingga pertengahan gim kedua sudah menguap. Shi Feng menutup gim kedua dengan keunggulan 21-15.

Di gim ketiga, Jojo sebenarnya sudah unggul. Namun, beberapa kesalahan individu yang dia lakukan, termasuk ketika menghalau smes dari Shi Feng membuat keunggulannya tidak pernah jauh. Hanya selisih dua, maksimal tiga angka saja.

Pada akhirnya Jojo menutup interval gim ketiga dengan keunggulan 11-8. Hal itu tak lepas dari kesalahan-kesalahan yang juga dilakukan Shi Feng. Selepas interval, Jojo kembali tancap gas. Dia main klinis dan tidak membiarkan Shi Feng berkembang.

Keunggulan jauh pun akhirnya Jojo catatkan selepas interval ini, yakni 18-11. Namun, Shi Feng tidak menyerah. Meski tertinggal jauh, dia coba untuk tetap tampil solid. Dia sempat mengejar hingga skor masuk 16-18.

Akhirnya, Jojo menutup gim ketiga ini dengan skor 21-17. Kemenangan ini memperpanjang napas Indonesia di final Thomas Cup 2024, memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Baca Juga: Fajar/Rian Tumbang, Indonesia Tertinggal 0-2 di Final Thomas Cup 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya