Kemenpora Luncurkan Kejuaraan Tarkam 2023

Kejuaraan Tarkam 2023 siap digelar

Jakarta, IDN Times - Kemenpora resmi meluncurkan kejuaraan antar kampung (tarkam) 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu (9/8/2023) malam WIB. Dalam peresmian ini, turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

"Saya sangat bahagia akhirnya kami bisa meluncurkan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023. Melalui kejuaraan ini saatnya, kita memperhatikan pembinaan olahraga mulai dari regional paling bawah, yaitu desa," ujar Dito dalam keterangan resminya.

1. Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan

Kemenpora Luncurkan Kejuaraan Tarkam 2023Kejuaraan tarkam Kemenpora 2023. (Dok. Kemenpora)

Dito menyatakan dalam edisi perdana, Kejuaraan Tarkam Kemenpora mempertandingkan lima cabang olahraga (cabor). Kelima cabor itu adalah basket, bulu tangkis, lari, tenis meja, dan voli.

"Setelah kami riset, kelima olahraga ini bisa dilakukan hampir di seluruh tingkatan daerah di Indonesia. Saya berharap, kegiatan ini bisa jadi ajang rekreasi warga sekaligus menggerakkan ekonomi kampung," ujar Dito.

Baca Juga: Cerita Briptu Juna, dari Tarkam hingga Pertandingan Voli Internasional

2. Merawat persatuan antar masyarakat

Kemenpora Luncurkan Kejuaraan Tarkam 2023Google

Dito berharap, kejuaraan antar kampung diharapkan mempererat persatuan masyarakat lewat olahraga. Selain itu, Tarkam Kemenpora juga bisa jadi ajang rekreasi bagi masyarakat Indonesia.

"Melalui ajang ini sekaligus merawat persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga. Saya berharap, kegiatan ini bisa jadi ajang rekreasi warga sekaligus menggerakkan ekonomi kampung," kata Dito.

Dito menyatakan Tarkam Kampung menjadi salah satu upaya meningkatkan partisipasi olahraga di masyarakat. Dari hal ini, nantinya akan ada talenta-talenta yang bisa membawa harum olahraga Indonesia.

"Kejuaraan tarkam ini merupakan salah satu upaya menyiapkan talenta-talenta agar terus berkembangnya potensi prestasi serta industri olahraga hingga ke pelosok-pelosok negeri," ucap Dito.

3. Digelar di 32 kabupaten/kota di Indonesia

Kemenpora Luncurkan Kejuaraan Tarkam 2023Google

Rencananya, edisi pertama kejuaraan tarkam Kemenpora 2023 ini akan digelar di 32 kabupaten/kota di Indonesia. Selanjutnya, ajang diupayakan bakal digelar di 70 kabupaten/kota.

Target dari Dito, ke depan kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 bisa terlaksana minimal di 200 sampai 300 kabupaten/kota. Sepak mula pertandingan dimulai 19 Agustus di Tangerang Selatan

Baca Juga: Termasuk Jojo dan Ginting, 27 Atlet Jadi PNS Kemenpora

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya