Legenda Angkat Besi Indonesia Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

Lisa meninggal di RS Jayapura, Papua

Jakarta, IDN Times - Dunia olahraga Indonesia kembali berduka. Atlet angkat besi kenamaan asal Papua, Lisa Rumbewas, meninggal dunia pada Minggu (14/1/2024) dini hari di Jayapura, Papua.

"Telah berpulang dengan tenang teman seperjuangan, Lisa Raema Rumbewas, Minggu (14/1/2024) dini hari di RS Jayapura, Papua. Semoga almarhumah diterima di Sisi-Nya, Aamiin," ujar Kabid Binpres PB PABSI, Hadi Wihardja, dalam keterangannya.

Sepanjang hidup, Lisa sudah menorehkan banyak prestasi di level internasional. Dia lahir dari keluarga yang memiliki darah atlet kuat, sekaligus perintis olahraga angkat besi di Papua.

Olimpiade 2000 Sydney jadi momen awal Lisa mulai menorehkan namanya di dunia. Turun di kelas 48 kg, dia mampu menorehkan total angkatan 185 kg dan meraih medali perak, kalah berat badan dari atlet Amerika Serikat, Tara Nott.

Pada Olimpiade 2004 Athena, Lisa kembali membawa nama Indonesia berkibar. Dia sukses menorehkan total angkatan 210 kg, tetapi dia kalah dari atlet Thailand Udomporn Polsak yang menorehkan total angkata 222,5 kg. Dia kembali meraih perak.

Lisa Rumbewas pun sukses menorehkan dua medali Olimpiade, dan masuk jajaran atlet elite Indonesia bersama Susy Susanti dan juga beberapa atlet lain peraih medali Olimpiade. Kini, dia sudah berpulang ke Yang Maha Kuasa. Selamat jalan, Lisa.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya