Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, NOC Indonesia Turut Berduka

Lisa Rumbewas adalah sosok pekerja keras

Jakarta, IDN Times - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menyampaikan rasa bela sungkawa atas kepergian atlet angkat besi Indonesia, Lisa Rumbewas. Apalagi, atlet asal Papua itu merupakan sosok pekerja keras.

“Lisa Rumbewas bukan hanya seorang atlet yang mengukir prestasi, tetapi juga merupakan sosok pejuang yang berdedikasi, semangat, dan kebanggaan bagi Indonesia. Kepergiannya adalah kehilangan besar bagi dunia olahraga,” ujar Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resminya.

1. Lisa satu-satunya atlet putri Indonesia yang punya tiga medali Olimpiade

Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, NOC Indonesia Turut BerdukaLisa Rumbewas

Okto berkata, Lisa merupakan satu-satunya atlet putri Indonesia yang memiliki tiga medali Olimpiade. Ketiga medali itu dia dapat di Olimpiade 2000 (perak), Olimpiade 2004 (perak), dan Olimpiade 2008 (perunggu).

“Hingga saat ini, Lisa adalah satu-satunya atlet putri yang memiliki tiga medali di Olimpiade. Apa yang dia lakukan semoga menjadi inspirasi bagi atlet-atlet muda kita untuk mencapai prestasi tertinggi di kancah dunia,” ujar Okto.

Baca Juga: Legenda Angkat Besi Indonesia Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

2. Lisa meninggal karena epilepsi

Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, NOC Indonesia Turut Berdukaantarafoto.com

Ibunda Lisa, Ida Korwa mengonfirmasi Lisa meninggal karena epilepsi. Dia mengatakan epilepsi putrinya sempat kambuh pada 6 Januari 2024 lalu. Dia terjatuh dan sempat tidak sadarkan diri sehingga keluarga membawanya ke Rumah Sakit Provita Jayapura.

“Kebetulan saat itu obatnya habis, ketika kambuh di malam hari dia di kamar. Dia terjatuh, tak sadar dan keningnya sudah berdarah. Kami bawa ke Rumah Sakit Provita, tiga hari dirawat di sana, kami dirujuk dek RSUD Jayapura di Senin siang hingga anak kami menghembuskan napas terakhirnya dini hari tadi,” ujar Ida.

3. Lisa akan dikebumikan Senin

Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, NOC Indonesia Turut Berdukaantaranews.com

Ida menyebut, pihak keluarga saat inu masih berusaha mencari lokasi peristirahatan terakhir untuk Lisa. Rencananya, sosok yang lahir pada September 1980 itu akan dikebumikan besok.

Selain di Olimpiade, Lisa juga tampil apik di beberapa ajang lain. Di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006, Lisa meraih medali perak di kelas 53 kg. Hal yang sama juga dia catatkan di SEA Games 2005 Manila, Filipina.

Pada SEA Games 2009 di Vientiane, Laos, Lisa akhirnya sukses menyumbangkan medali emas di nomor 53 kg, plus dua medali perunggu di SEA Games 2003 Hanoi, Vietnam, dan Asian Games 2002 Busan, Korea Selatan.

Belakangan, setelah pensiun Lisa Rumbewas sibuk melatih atlet-atlet muda angkat besi Papua, sekaligus terlibat dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada 2021 silam. Kini, dia sudah kembali ke haribaan Sang Maha Kuasa.

Baca Juga: Lisa Rumbewas, Atlet Peraih 3 Medali Olimpiade Angkat Besi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya