Mantap! 4 Pemain Indonesia Terpilih Ikuti Pelatihan BWB Asia

BWB ini jadi jembatan menuju NBA

Jakarta, IDN Times - Sebuah prestasi ditorehkan lagi oleh putra putri asal Indonesia. Tercatat, empat pemain asal Indonesia terpilih untuk mengikuti pelatihan Basketball Without Borders (BWB) Asia 2022.

Keempat pemain itu adalah Vanissa Renata Siregar, Deewell Windy Dido Gosal, Angelica Jennifer Candra, dan Arthur Vadel Krisma Putra. Nantinya, mereka akan ikut pelatihan yang dihelat di NBA Global Academy, Australia, 7 hingga 10 Agustus 2022.

Baca Juga: 5 Pemain NBA Terbaik dari NBA Draft 2015, Ada Devin Booker!

1. Program dari NBA dan FIBA

Mantap! 4 Pemain Indonesia Terpilih Ikuti Pelatihan BWB AsiaRangkaian acara NBA All-Star Game 2022 bakal dimulai pada 19-21 Februari 2022. (nba.com)

Program BWB Asia 2022 ini merupakan program hasil kerja sama dari NBA, FIBA, dan Basketball Australia. Untuk tahun ini, sebanyak 64 putra dan putri terbaik dari 18 negara di Asia Pasifik akan melakoni pelatihan di Canberra, Australia.

BWB Asia 2022 ini menjadi program pengembangan basket global dan program penjangkauan masyarakat pertama yang dilakukan oleh NBA dan FIBA di regional Asia Pasifik. Sebelumnya, pelatihan ini diselenggarakan di Jepang pada 2019 dan di Melbourne pada 2016.

Baca Juga: 5 Lapangan Basket di Jakarta, Suguhkan Fasilitas Lengkap

2. Dilatih sosok-sosok kenamaan di NBA

Mantap! 4 Pemain Indonesia Terpilih Ikuti Pelatihan BWB AsiaJarrett Allen (nba.com)

Para peserta BWB Asia 2022 ini nantinya akan dilatih oleh sosok-sosok kenamaan NBA. Mereka akan ditempa oleh nama-nama seperti Jarrett Allen (2022 NBA All-Star dari Cleveland Cavaliers), Josh Green (Dallas Mavericks), Cameron Johnson (Phoenix Suns), dan Coby White (Chicago Bulls).

Selain itu, Damian Cotter (Asisten Pelatih Chicago Bulls), David Akinyooye (Asisten Pelatih Oklahoma City Thunder), Eric Glass (Pelatih Summer League Miami Heat), Adam Tatalovich (Asisten Pelatih Timnas Serbia), Kristi Harrower, Annie La Fleur (Mantan Pemain WNBA), dan Jenni Screen (Mantan Pemain Timnas Wanita Australia) juga akan hadir untuk melatih para peserta BWB Asia seri ini.

Para peserta program pelatihan BWB Asia 2022 ini akan melalui berbagai kegiatan, seperti latihan efisiensi gerakan, gerakan offensive dan defensive, kontes three-points, pertandingan 5-on-5, serta sesi pengembangan kecakapan hidup, dan kepemimpinan.

Pada acara penutupan, peserta putra dan putri yang memiliki kemampuan yang menonjol di lapangan akan mendapatkan penghargaan, seperti BWB Asia 2022 MVP, Defensive MVP, dan Three-Point Champion. Bagi peserta yang memiliki kepemimpinan yang baik akan dianugerahi Patrick Baumann Sportsmanship Award.

3. Banyak alumnus BWB yang mentas di NBA

Mantap! 4 Pemain Indonesia Terpilih Ikuti Pelatihan BWB AsiaJosh Green (nba.com)

BWB Asia ini jadi jembatan bagi para pemain Asia menuju NBA. Josh Giddey, yang saat ini merupakan pemain aktif City Thunder merupakan alumni BWB Asia 2018 dan BWB Global 2020.

Selain itu, Josh Green, yang saat ini merupakan pemain Dallas Mavericks juga merupakan alumni BWB Global 2018. Rui Hachimura yang saat ini merupakan pemain Washington Wizards juga merupakan alumni BWB Global 2016.

NBA dan FIBA telah menjadi tuan rumah untuk 64 program BWB di 30 negara sejak tahun 2001. BWB telah menjangkau lebih dari 3,800 peserta yang berasal dari 133 negara, dengan 105 alumni peserta program telah berhasil melanjutkan karirnya ke NBA atau WNBA.

Baca Juga: 5 Pebasket NBA Terbaik yang Bernomor Punggung 2 di NBA 2021/2022

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya