Marc Marquez Akui Honda Masih Jauh dari Podium

Marquez melihat, Honda belum bisa sentuh podium

Jakarta, IDN Times - Sesi pramusim MotoGP 2023 di Portimao, 11 dan 12 Maret 2023, tuntas terlaksana. Dari hasil tes ini, ada banyak hal yang disadari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Pembalap asal Spanyol itu melihat, ada banyak hal yang kudu diperbaiki Honda jika ingin bersaing di MotoGP 2023. Dia berkaca dari hasil tes di Portimao, di mana dia menduduki peringkat 13.

1. Podium masih jauh dari genggaman

Marc Marquez Akui Honda Masih Jauh dari PodiumMarc Marquez (motogp.com)

Marquez berujar, menilik dari dua sesi tes MotoGP di Sepang dan Portimao, dia sadar bahwa podium masih jauh dari genggaman Honda. Dia memprediksi, paling banter para pembalap Honda bisa finis di peringkat lima sampai 10.

"Jujur, kami belum bisa berpiir soal podium untuk saat ini. Kami belum bisa bicara soal kemenangan. Menilik kondisi yang ada sekarang, setidaknya kami baru bisa finis di posisi lima sampai 10," ujar Marquez, dilansir Crash.

Baca Juga: Oliveira: Jangan Lupakan Marc Marquez di MotoGP 2023

2. Ritme Marquez sedang bagus

Marc Marquez Akui Honda Masih Jauh dari PodiumPembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Kendati kondisi motor masih jauh di bawah ekspektasinya, Marquez mengaku kondisinya saat ini tengah bagus. Ritmenya mulai membaik, terutama di sesi tes MotoGP di Portimao ini.

"Memang kami melakukan banyak perubahan. Namun, tim menerapkan rencana yang baik dan kondisi saya juga membaik dari hari ke hari. Ritme saya juga jadi lebih bagus, meski kami mencoba banyak hal baru," ujar Marquez.

3. Kuncinya ada pada lima sampai enam balapan awal

Marc Marquez Akui Honda Masih Jauh dari PodiumMarc Marquez. (motogp.com)

Marquez berujar, terlepas dari hasil apa pun yang didapat masing-masing tim di sesi tes, pada 26 Maret 2023 nanti, semua pembalap akan memulai kompetisi dari poin nol. Baru setelah lima sampai enam balapan, semua akan tampak.

"Setelah lima sampai enam balapan di MotoGP 2023, baru akan terlihat di mana posisi sebuah tim dan pembalap, termasuk Honda. Kami harus terus berkembang, dan jangan sampai memulai musim dengan kondisi negatif," kata Marc Marquez.

Baca Juga: Francesco Bagnaia dan Marc Marquez Favorit Juara MotoGP 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya