Comscore Tracker

Mental Jadi Kunci Indonesia Lolos ke Piala Dunia Basket 2023

Mental memegang peranan penting

Jakarta, IDN Times - Manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Santoso, meminta skuad Merah Putih memaksimalkan semua hal yang dimiliki untuk melawan China di play-off FIBA Asia Cup 2022, Senin (18/7/2022). Sebab, menurutnya, peluang Indonesia mengalahkan China cukup besar.

"Sekarang, sudah diketahui lawannya China. Yang penting, kami harus bermain seperti biasa. Kami akan berusaha memaksimalkan semua peluru yang kita miliki," ujar Jeremy dalam keterangan resminya.

1. Mental jadi hal penting

Mental Jadi Kunci Indonesia Lolos ke Piala Dunia Basket 2023Indonesia vs Australia di FIBA Asia Cup 2022. (Dok. FIBA Asia)

Jeremy menegaskan mental jadi sesuatu yang penting bagi Indonesia. Dia menyebut, skuad Merah Putih harus yakin menang di laga lawan China. Jika keyakinan itu sudah ada, kemenangan bisa didapat.

"Yang penting dari kami yakin bisa menang. Anak-anak tahu betapa pentingnya pertandingan nanti. Mereka sudah tak mau lagi merasakan kekalahan. Saya rasa mereka akan mati-matian, all out di lapangan," ungkap Jeremy.

Baca Juga: 3 Faktor Timnas Basket Tak Berkutik Lawan Yordania

2. Pejic juga tekankan pentingnya kekuatan mental

Mental Jadi Kunci Indonesia Lolos ke Piala Dunia Basket 2023FIBA Asia Cup 2022, Indonesia Melawan Jordan (IDN Times/Tata Firza)

Pelatih Indonesia, Milos Pejic, mengaku yang terpenting dalam laga play-off nanti adalah mental. Sebab, dalam laga fase gugur, kekuatan mental jadi yang paling utama.

"Saya ingatkan pada anak-anak untuk main lepas saja, apa pun yang terjadi di laga itu nanti (lawan China). Intinya, tekanan itu akan tetap ada. Pendekatan Indonesia untuk laga play-off FIBA Asia Cup 2022 itu sangat menentukan," ujar Pejic.

Baca Juga: Marques Bolden Jadi Penyempurna Puzzle Indonesia

3. Pemenang duel lolos ke Piala Dunia

Mental Jadi Kunci Indonesia Lolos ke Piala Dunia Basket 2023FIBA Asia Cup 2022, Indonesia Melawan Jordan (IDN Times/Tata Firza)

China dan Indonesia akan bertemu di play-off FIBA Asia Cup 2022. Nantinya, pemenang dari laga play-off ini bakal lolos ke perempat final. Kelolosan ke delapan besar memastikan juga tiket ke putaran final Piala Dunia Basket 2023.

Indonesia punya kesempatan besar untuk mengunci slot tersebut. Asalkan, di laga play-off, mereka harus mengalahkan China. Jika menang, di delapan besar FIBA Asia Cup 2022 mereka akan bersua dengan Lebanon.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya