Palangka Raya Sambut UCI MTB World Championship 2023

Palangka Raya kembali sambut atlet dunia

Jakarta, IDN Times - Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya, sudah bersolek demi menyambut salah satu ajang balap sepeda kenamaan dunia. Dalam waktu dekat, kota ini akan jadi tuan rumah UCI MTB World Championship 2023.

Ini jadi kali kedua Palangka Raya menggelar ajang balap sepeda kelas dunia. Pada 2022, mereka sukses menggelar seri kedelapan UCI MTB World Cup 2022. Kala itu, gelaran ini berlangsung meriah dan jadi perhatian warga Palangka Raya serta dunia.

Sekarang, Palangka Raya bersiap kembali menyambut atlet-atlet sepeda kelas dunia, bertempat di Stadion Tuah Pahoe. Seperti apa persiapan yang sudah mereka lakukan?

1. Persiapan sudah 100 persen

Palangka Raya Sambut UCI MTB World Championship 2023Trek UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Harian ISSI Kalimantan Tengah (Kalteng) Rahmat Nasution Hamka berkata, persiapan untuk UCI MTB World Championship 2023 sudah mencapai 100 persen. Pengalaman tahun lalu menjadi bekal bagi Palangka Raya menggelar ajang ini.

"Untuk persiapan sebenarnya kita sudah ada pengalaman di tahun sebelumnya sehingga ini hanya tinggal pemantapan, dan kemudian untuk venuenya besok sudah bisa dipakai untuk latihan resmi," kata Rahmat di Stadion Tuah Pahoe, Jumat (10/11).

Baca Juga: Mengenal Trek UCI MTB World Cup 2022: Ada Banyak Rintangan

2. Diikuti 80 peserta dari 50 negara

Palangka Raya Sambut UCI MTB World Championship 2023Trek UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Rahmat mengungkapkan, UCI MTB World Championship 2023 diikuti 80 peserta dari 50 negara. Tidak hanya diramaikan oleh atlet-atlet internasional, akan ada beberapa atlet lokal yang juga turut serta.

"Kalau atlet nasional, mereka datang sudah dua hari yang lalu, mereka sudah ada di sini dan kita juga menginginkan ada atlet lokal. Mudah-mudahan bisa diikutsertakan sebagai peserta kehormatan, minimal mereka ada pengalaman kejuaraan dunia," ujar Rahmat.

3. Palangka Raya berpengalaman gelar balap sepeda kelas dunia

Palangka Raya Sambut UCI MTB World Championship 2023Trek UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tahun lalu, Palangka Raya sukses menggelar MTB World Cup 2022. Ketika itu, atlet asal Prancis Quentin Schrotzenberger dan atlet asal Jerman Marion Fromberger menjadi pemenang dalam kategori Men Elite dan Women Elite.

Tahun ini, gelaran akan terasa berbeda karena bakal melahirkan juara dunia. Berbeda dengan musim lalu, Palangka Raya akan menyambut juara dunia sepeda di ajang ini.

"Nanti akan lahir juara dunia langsung di sini (Palangka Raya). Ini jadi sesuatu yang sangat spesial buat kita dan menurut informasi, kita jadi negara Asia pertama yang mengadakan UCI MTB World Championship 2023," ujar Rahmat.

Baca Juga: UCI Track Nations Cup 2023 Dibuka, 2 Negara Langsung Juara

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya