Paripurna, Indonesia Juara SEA V League 2023 Edisi Kedua

Indonesia menang lawan Thailand di laga pamungkas

Jakarta, IDN Times - Tim voli putra Indonesia meraih kemenangan dalam laga pamungkas seri kedua SEA V League 2023. Bertemu Thailand di Santa Rosa Sports Complex, Minggu (30/7/2023), Farhan Halim dan kolega menang 3-2 (25-27, 20-25, 25-21, 25-21, 15-9).

Hasil ini pun membuat catatan Indonesia paripurna di SEA V League 2023 edisi kedua. Sebelumnya, Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-1 di laga pertama dan menang 3-0 atas Filipina di laga kedua.

Tidak cuma itu, kemenangan ini menyempurnakan raihan Indonesia di SEA V League 2023. Setelah juara pada edisi pertama, Indonesia kembali juara di edisi kedua.

Pada laga pamungkas itu, Indonesia dan Thailand sempat kejar-kejaran angka di set pertama. Beberapa kali, smes-smes yang dilancarkan kedua tim berakhir dengan angka. Blok-blok yang dilancarkan Indonesia dan Thailand belum efektif.

Namun, seiring berlangsungnya set pertama, Thailand mulai menegaskan keunggulan mereka atas Indonesia. Serangan-serangan mereka lebih efektif, pertahanan mereka juga mampu mematahkan serangan-serangan yang dilepaskan Indonesia.

Indonesia tidak menyerah. Di sisa set pertama, Farhan Halim cs terus melepaskan tekanan yang akhirnya memaksakan laga ke fase deuce. Di fase inilah, Indonesia hilang fokus dan kalah 25-27.

Di set kedua, Thailand langsung menekan Indonesia sejak awal pertandingan. Sayangnya, Indonesia gagal merespons tekanan dari Thailand ini dengan baik. Tim voli Indonesia juga banyak melakukan kesalahan sendiri.

Alhasil, keunggulan jauh pun sempat dicatatkan oleh Thailand di set kedua. Sempat berusaha mengejar, Indonesia hanya bisa memperkecil ketertinggalan sampai 20 poin saja. Set kedua kembali jadi milik Thailand dengan skor 25-20.

Masuk set ketiga yang juga merupakan set penentuan, Indonesia sempat limbung di awal-awal permainan. Bahkan, mereka tertinggal empat poin dari Thailand saat set ketiga memasuki pertengahan, dengan skor 10-14. Nah, di sinilah Indonesia menggebrak.

Hendra Kurniawan dan Fahri Septian menjadi aktor di balik masifnya serangan Indonesia di sisa set ketiga. Smes-smes mereka lebih tajam, dan sukses menembus blok-blok dari para pemain Thailand. Indonesia pun berbalik menang 25-21.

Di set keempat, semangat menjalar ke permainan para pemain Indonesia. Sama seperti di akhir set ketiga, mereka melancarkan banyak serangan yang gagal diadang oleh para pemain Thailand. Tidak cuma itu, blok-blok mereka juga sangat ciamik.

Di sisi lain, permainan Thailand agak menurun di gim keempat ini. Mereka tidak lagi melancarkan serangan-serangan berbahaya, karena penerimaan bola mereka yang tidak begitu bagus. Hal itu tak lepas dari serangan apik yang dilakukan Indonesia.

Set keempat pun berakhir dengan skor 25-21 untuk Indonesia. Memasuki set kelima, dominasi masih menjadi milik Hendra Kurniawan dan kolega. Serangan-serangan tajam, plus blok ciamik dan servis tajam membawa Indonesia unggul.

Set kelima berakhir dengan skor 15-9 untuk tim voli putra Indonesia. Mereka pun sukses menumbangkan Thailand lagi, dan meraih gelar juara SEA V League 2023 di edisi kedua. Raihan mereka pun paripurna.

Baca Juga: Kerja Sama Apik Bawa Indonesia Kuasai SEA V League 2023

Baca Juga: Daftar Skuad Timnas Voli Putra Indonesia di SEA V League 2023

Baca Juga: Menang Lawan Vietnam, Indonesia Belum Terkalahkan di SEA V League 2023

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya