Pembalap Mario Aji Dapat Motor Latihan 600cc

Mario Aji adalah Rossi-nya Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, rupanya memerhatikan perkembangan pembalap bertalenta asal Indonesia, Mario Aji. Tidak tanggung-tanggung, dia siap memberi bantuan untuk Mario.

Dalam sesi jumpa pers di Kemenpora, Jumat (28/7/2023), Dito menyatakan Kemenpora akan memberi bantuan berupa motor untuk latihan dengan kapasitas 600 cc. Motor ini nantinya digunakan Mario Aji untuk berlatih di Sirkuit Mandalika.

"Jadi, Insya Allah Kemenpora memastikan Mario Aji dapat motor latihan 600 cc. Motor pinjaman ini akan digunakan Mario untuk latihan di Sirkuit Mandalika pada November 2023 mendatang," ujar Dito.

1. Kemenpora juga beri bantuan visa

Pembalap Mario Aji Dapat Motor Latihan 600ccMenpora Dito Ariotedjo dan Mario Aji di Kantor Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain motor, Dito juga menyebut Kemenpora memberi bantuan kepada Mario Aji soal visa. Hal ini merespons kesulitan Mario yang acap mengalami masalah visa ketika akan mengaspal di beberapa negara di dunia.

"Mario kerap ada kesulitan dan masalah soal visa. Ini sudah saya sampaikan, di mana pun jika ada kesulitan, kami siap berkoordinasi dengan Kemenlu dan kedutaan negara terkait. Jika diperlukan, jaminan dari Kemenpora diberikan," kata Dito.

Baca Juga: Klasemen Sementara Moto3 2023, Di Mana Mario Aji?

2. Mario Aji disebut Rossi-nya Indonesia

Pembalap Mario Aji Dapat Motor Latihan 600ccMario Aji saat turun di GP Emilia Romagna. (motogp.com)

Dito menyatakan Mario Aji itu adalah Valentino Rossi versi Indonesia. Di usianya yang menginjak 19 tahun, dia sudah membalap di Moto3. Dia yakin, beberapa tahun ke depan, Mario Aji akan naik kelas.

"Kami berharap Mario jadi Valentino Rossi-nya Indonesia karena dari sisi usia, sekarang 19 tahun sudah di Moto3. Sama seperti Rossi. Jadi ini bukan hal yang mustahil karena dari segi prestasinya sangat memungkinkan (naik kelas)," kata Dito.

3. Motor Mario tidak pakai anggaran negara

Pembalap Mario Aji Dapat Motor Latihan 600ccMenpora Dito Ariotedjo dan Mario Aji di Kantor Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dito menegaskan motor latihan untuk Mario Aji tidak menggunakan anggaran negara. Kemenpora berkoordinasi dengan pihak swasta untuk mendapatkan bantuan motor latihan untuk Mario Aji.

"Alhamdulillah, ini suatu contoh ketika kolaborasi tidak selalu harus menggunakan anggaran negara. Saya juga terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu. Nanti, kami umumkan setelah resmi," kata Dito.

Mario Aji memang sudah jadi buah bibir sejak 2022 lalu. Dia jadi satu-satunya pembalap Indonesia yang membalap di Moto3. Dia bahkan sempat membalap di Sirkuit Mandalika tahun lalu, meski harus rela finis di posisi 14.

Baca Juga: 9 Besar Rookie pada Klasemen Final Moto3, Di Mana Posisi Mario Aji?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya