Perbasi DKI Jakarta Sambut 2024 dengan Optimisme Tinggi

Perbasi DKI Jakarta sudah melakukan banyak hal di 2023

Jakarta, IDN Times - Perbasi DKI Jakarta menyambut 2024 dengan optimisme tinggi. Refleksi selama 2023, yang berisikan banyak hal-hal dan capaian apik, akan jadi acuan menyambut tahun 2024 ini. Hal itulah yang digemakan sang ketua, Lexyndo Hakim.

Selama 2023, basket DKI Jakarta sudah melalui banyak hal. Berawal dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2023, basket DKI Jakarta pun berkembang sedemikian rupa pada 2023 ini.

Baca Juga: Perbasi Blak-blakan Soal Sulitnya Gelar Liga Basket Putri

1. Apa saja yang terjadi di basket Jakarta pada 2023?

Perbasi DKI Jakarta Sambut 2024 dengan Optimisme TinggiAktivitas Perbasi DKI Jakarta selama 2023. (Dok. Perbasi DKI Jakarta)

Perjalanan basket DKI Jakarta diawali keikutsertaan di Kejurnas U-15 2023 pada 7-15 Januari 2023. Tim putri ibu kota sukses meraup medali emas, sedangkan tim putra membawa pulang posisi runner-up.

"Pada prinsipnya kami berusaha mendukung proses pembinaan atlet-atlet basket DKI Jakarta agar bisa mendapatkan hak dan pelayanan yang baik, khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas individual," tutur Lexy dalam keterangan resminya.

Bicara prestasi lain, Jakarta kembali mengukir prestasi di nomor 3X3 pada November-Desember 2023. Pada Kejurnas 3X3 di Makassar, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum setelah memborong medali dari semua kategori kelompok umur yang dipertandingkan baik putra maupun putri.

Prestasi tak cuma soal medali. Tim basket DKI Jakarta putra dan putri 3X3 lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut, begitu juga dengan tim 5X5 putra dan putri.

Prestasi hanya salah satu bagian yang bisa dinikmati dari kesuksesan program-program Perbasi DKI Jakarta. Keterbukaan informasi, transparansi menjadi salah satu faktor basket di Jakarta semakin mendapat antusias yang sangat luar biasa di masyarakat.

2. Perbasi DKI Jakarta dukung ajang basket di Jakarta

Perbasi DKI Jakarta Sambut 2024 dengan Optimisme TinggiAktivitas Perbasi DKI Jakarta selama 2023. (Dok. Perbasi DKI Jakarta)

Terlepas dari itu, banyak penyelenggaraan di ibu kota yang juga sukses berkat dukungan Perbasi DKI Jakarta. Turnamen terbesar tingkat SMA se-Indonesia, DBL, akhirnya melirik Jakarta sebagai salah satu kota penting dalam pergelaran tersebut.

Untuk kali pertama DBL Camp menginjakkan kaki di Jakarta setelah sebelumnya selalu dihelat di Surabaya. Jakarta kian menjadi daya tarik setelah partai final DBL 2023 Jakarta Series berlangsung meriah menggunakan Indonesia Arena, 17 November 2023.

Kesuksesan itu tentu saja tak lepas dari keterbukaan informasi Perbasi DKI Jakarta, juga dalam berkolaborasi serta mendukung kegiatan basket apa pun demi perkembangan basket Indonesia secara umum.

Tidak lupa dengan perhelatan Piala Dunia Basket 2023 pada 25 Agustus-10 September 2023, yang juga sukses digelar di Indonesia Arena, Jakarta. Perbasi DKI Jakarta selalu berdiri memberi dukungan bahkan menyosialisasikan ajang ini.

Pada tingkat regional, Perbasi DKI Jakarta sukses menggelar Kejuaraan Provinsi yang melibatkan semua kelompok umur pembinaan, yaitu KU 10 mix, KU 12, KU 14, KU 16, serta KU 18 putra dan putri.

“Setahun sudah berlalu. Setahap demi setahap kami melakukan transparansi, modernisasi dan digitalisasi dari segi turnamen di tingkat Jakarta, pembinaan, bahkan sampai pengelolaan klub agar lebih baik. Kalau semua serbadigital dan keadministrasian anggota sudah rapi, tentu ke depan tata kelola basket di Jakarta ikut meningkat," kata Lexy.

3. Perbasi DKI Jakarta tatap 2024 dengan optimisme

Perbasi DKI Jakarta Sambut 2024 dengan Optimisme TinggiAktivitas Perbasi DKI Jakarta selama 2023. (Dok. Perbasi DKI Jakarta)

Perjalanan setahun terakhir menjadi pembelajaran berharga bagi Perbasi DKI Jakarta. Program-program yang berjalan baik bakal dilanjutkan, bahkan ditingkatkan menatap 2024.

Agenda-agenda besar menanti, seperti PON 2024 Aceh-Sumut. DKI Jakarta tentu punya target emas untuk semua kategori, yaitu 5X5 putra dan putri serta 3X3 putra dan putri.

“Kami ikhlas membantu basket di Jakarta untuk lebih baik, lebih rapih, berprestasi, dan tentu paling penting adalah kami siap berkawan, pun menjadi teman cerita semua rekan-rekan Perbasi se-Indonesia, dan mohon Perbasi nasional juga ikut mengambil peran terhadap nawaitu kepengurusan Perbasi DKI Jakarta yang baik ini," ujar Lexy.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya