POBSI Siap Gelar Indonesia International Open 2024

Indonesia International Open 2024 akan dihelat Januari

Jakarta, IDN Times - Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan turnamen biliar kelas dunia terbesar di tanah air. Turnamen itu bernama Indonesia International Open 2024.

Indonesia International Open 2024 ini akan dihelat di Park Hyatt, Jakarta, mulai 21 sampai 25 Januari 2024

Ajang ini jadi turnamen biliar international pertama di Indonesia. Peresmian acara ini dilakukan pada sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

1. Diikuti oleh 152 atlet dari berbagai negara

POBSI Siap Gelar Indonesia International Open 2024Jumpa pers Indonesia International Open 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum POBSI, Hary Tanoeseodibjo, berujar bahwa Indonesia International Open 2024 ini akan diikuti oleh 152 atlet. Mereka datang dari berbagai belahan dunia, seperti Asia, Eropa, dan Afrika.

“Biliar perlu kita angkat, apalagi mendapat dukungan banyak pihak seperti dari Kemenpora. Agar biliar banyak peminatnya dan juga berprestasi, harus banyak kompetisi. Kemudian perlu ada bantuan media supaya masyarakat bisa menonton dan juga minat semakin meningkat terhadap biliar," ujar Hary dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga: Lepas Tim Biliar Sumsel, Ketua POBSI: Berikan Prestasi Tertinggi

2. Apresiasi dari Kemenpora dan WPA

POBSI Siap Gelar Indonesia International Open 2024Jumpa pers Indonesia International Open 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyambut baik hadirnya turnamen ini. Apalagi, hadirnya Indonesia International Open 2024 ini bertepatan dengan rutinnya Indonesia menggelar ajang internasional.

"Sekarang, momentumnya juga tepat karena baru saja Derin atlet Indonesia berusia 14 tahun bisa menjadi juara dunia junior 10 Ball di Austria. Kemenpora sangat senang dengan adanya turnamen ini dan sangat support," ujar Dito.

Apresiasi juga hadir dari perwakilan World Pool-Billiard Association (WPA) Melvin Chia. Dia juga salut POBSI mampu mengubah image tentang biliar yang awalnya buruk jadi semakin baik di Indonesia.

"Indonesia sudah tak asing dengan biliar, dengan populasi yang besar tentu akan ada bakat yang bagus, dan hal yang perlu ditingkatkan adalah international exposure. Dengan adanya turnamen ini adalah sebuah peluang yang baik dan sebuah langkah yang maju,” ujar Melvin.

3. Atlet-atlet Indonesia juga akan turut serta

POBSI Siap Gelar Indonesia International Open 2024Jumpa pers Indonesia International Open 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain mengundang atlet biliar terbaik dari berbagai negara, Indonesia International Open 2024 juga memberi kesempatan bagi atlet potensial, termasuk Indonesia, untuk berpartisipasi.

Untuk itu POBSI memberikan 16 spot kepada atlet potensial nasional dan international melalui kualifikasi yang akan dilaksanakan sebelum main event di venue pertandingan Park Tower. Setiap pertandingan di ajang ini akan dipimpin oleh wasit internasional.

Turnamen ini akan mempertandingkan 10 ball untuk kategori dewasa dan 9 ball untuk atlet berusia 17 tahun kebawa. POBSI berencana mengundang 128 atlet dalam kategori dewasa dan 24 atlet dalam kategori usia 17.

Para peserta akan bersaing untuk memperebutkan hadiah total sebesar $100.000 (setara Rp1,5 miliar), menjadikan Indonesia International Open 2024 sebagai salah satu turnamen biliar paling spektakuler dan terbaik di dunia.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Permainan Biliar alias Bola Sodok

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya