Polemik Rivan dan PBVSI Tak Ganggu Timnas Voli Indonesia

Tim voli Indonesia tetap jaga fokus

Jakarta, IDN Times - Jelang bertempur dalam Asian Games 2022, polemik menimpa salah satu atlet voli Indonesia, Rivan Nurmulki dan PBVSI. Akan tetapi, polemik ini diyakini tak akan mengganggu performa tim di ajang nanti.

Setidaknya, hal itu diungkapkan oleh penggawa tim voli Indonesia, Hernanda Zulfi. Dia mengaku, fokus pemain tak akan teralihkan karena polemik ini.

"Kami memang sudah berkomitmen semua dan sudah diperintahkan oleh pelatih untuk tetap fokus. Sebagai atlet, fokus kita itu latihan, tidak usah mikir di luar bagaimana. Jadi ya, tetap fokus dan konsentrasi," ujar Hernanda di Bogor, Kamis (14/6/2023).

1. Tak usah gubris warganet

Polemik Rivan dan PBVSI Tak Ganggu Timnas Voli IndonesiaHernanda Zulfi, pemain tim voli Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Hernanda juga memastikan, para pemain tim voli Indonesia tak akan terpengaruh oleh komentar-komentar warganet di media spsial. Sejauh ini, pemain jakarta Bhayangkara Presisi itu memastikan fokus pemain masih terjaga.

"Pada saat latihan tidak usah mikir bagaimana warganet dan lain-lain, terutama komentarnya. Alhamdulillah, teman-teman semua bisa fokus dan tidak terlalu terpengaruh," kata Hernanda.

Baca Juga: Rivan Nurmulki Dicoret dari Timnas Voli, Menpora: Hanya Miskom

2. Diamini oleh sang pelatih

Polemik Rivan dan PBVSI Tak Ganggu Timnas Voli IndonesiaPelatih tim voli Indonesia, Jeff Jiang Jie. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ucapan Hernanda ini diamini oleh sang pelatih, Jeff Jiang Jie. Sosok asal China itu berkata, ketiadaan Rivan dan polemik yang terjadi saat ini sama sekali tidak memengaruhi kondisi tim jelang Asian Games 2022.

"Oh, tentu tidak (polemik Rivan memengaruhi tim), karena voli ini adalah olahraga tim. Voli dimainkan tidak cuma oleh satu pemain, tetapi oleh enam pemain. Memang, kami kehilangan satu pemain yang bagus, tetapi lima pemain lain bisa membantu," ujar Jeff.

3. Tim voli akan berangkat pada 16 September

Polemik Rivan dan PBVSI Tak Ganggu Timnas Voli IndonesiaSuasana pelepasan tim voli Indonesia untuk Asian Games 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tim voli Indonesia rencananya akan berangkat ke China pada 16 September 2023 malam. Pasalnya. pada 19 September, tim voli Indonesia sudah harus turun gelanggang.

Dalam Asian Games 2022 ini, tim voli Indonesia nomor indoor tergabung di Grup F bersama Filipina, Afghanistan, dan Jepang. Pada 19 September, mereka akan bersua Filipina, dilanjutkan laga lawan Jepang pada 20 September serta lawan Afghanistan pada 21 September.

Sedangkan untuk Rivan sendiri, dia tengah menanti keputusan dari Sidang Kode Etik PBVSI. Namun, federasi menjamin, kesempatannya untuk membela tim voli Indonesia di masa depan masih terbuka.

Baca Juga: Timnas Voli Indonesia Lepas Landas Menuju Asian Games 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya