Prestasi Marcus Gideon, Pernah Juara All England dan Thomas Cup

Marcus bersama Kevin memenangi tujuh gelar Superseries

Jakarta, IDN Times - Bulu tangkis Indonesia kehilangan salah satu atlet terbaiknya lagi. Atlet ganda putra, Marcus Gideon, memutuskan untuk gantung raket pada Sabtu (9/3/2024).

Keputusan Marcus untuk pensiun itu dia umumkan lewat unggahan di Instagram pribadinya. Marcus pun merasa bersyukur sudah diberkahi karier luar biasa selama 25 tahun perjalanannya di dunia bulu tangkis Tanah Air.

"Thank You God for these 33 years! Pada hari ini tepat di usia 33 tahun, saya memutuskan untuk berhenti dari karier profesional badminton. Saya mengucap syukur kepada Tuhan, karena tanpa-Nya saya mungkin tidak ada seperti sekarang ini," cuit Marcus.

Selama berkarier sebagai atlet, prestasi Marcus sangat luar biasa. Puncak prestasi dia dapatkan ketika berpasangan dengan Kevin Sanjaya. Keduanya pernah jadi momok bagi atlet-atlet dari negara lain, dengan julukan 'The Minions'.

Namun, bakat Marcus sejatinya sudah tampak saat dia berpasangan dengan Markis Kido selepas keluar dari pelatnas PBSI pada 2013. Di tahun itu, mereka menjuarai Prancis Open, dilanjutkan dengan jadi semifinalis All England 2014 dan juara Indonesia Masters pada 2014.

Sepanjang 2017 hingga 2018, Marcus bersama Kevin memenangi tujuh gelar Superseries dan delapan gelar World Tour. Pada 2017, dia sukses memenangi gelar All England, dilanjutkan dengan memenangi India Open, Malaysia Open, dan Korea Open.

Pada 2018, Marcus/Kevin juga turut menyumbang emas bagi Indonesia di Asian Games. Prestasi di tahun itu dilengkapi dengan gelar Indonesia Masters dan Open, Denmark Open, Jepang Open, hingga All England. Mereka juga sukses juara China Open.

Jika ditotal, Marcus sukses memenangi 19 gelar World Tour, 11 gelar Superseries, dan tiga gelar Grand Prix. Dominasinya bersama Kevin begitu terasa dalam rentang waktu 2017 hingga 2021. Mereka bahkan sempat menyumbang gelar Thomas Cup untuk Indonesia pada 2020.

Sayang, memasuki 2022 hingga 2023, performa Marcus/Kevin menurun. Keduanya pun sudah jarang menjadi juara lagi, dan dikabarkan sempat renggang. Kini, semua sudah jelas usai Marcus Gideon memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis.

Baca Juga: Marcus Gideon Putuskan Pensiun dari Bulu Tangkis

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya