Profil Max Verstappen: Darah Pembalap yang Membawanya Juara

Max Verstappen berasal dari keluarga pembalap

Jakarta, IDN Times - Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Agaknya pepatah itu yang tepat dialamatkan pada Max Verstappen. Berasal dari keluarga pembalap, darah pembalap inilah yang pada akhirnya membawa Verstappen juara di Formula 1.

Terbaru, Verstappen berhasil mengunci gelar juara Formula 1 2021. Di GP Abu Dhabi, sosok asal Belanda itu berhasil meraih kemenangan, sehingga dirinya sukses meraih gelar juara. Kemampuan Verstappen dalam membalap ini, ternyata berasal dari keluarganya.

Baca Juga: Usai Juara Dunia, Max Verstappen Ingin Perkuat Red Bull Seumur Hidup

1. Verstappen punya ayah dan ibu yang sama-sama pembalap

Profil Max Verstappen: Darah Pembalap yang Membawanya JuaraMax Verstappen pada GP Brazil 2015 (skysports.com)

Darah pembalap Verstappen ini berasal dari ayah dan ibunya. Ayahnya, Jos Verstappen, adalah mantan pembalap Formula 1. Sedangkan ibunya, Sophie Kumpen, adalah pembalap karting. Dia juga punya darah Belgia yang berasal dari ibunya. Verstappen memilih Belanda sebagai kewarganegaraannya.

Selain kedua orang tuanya, sepupu dari Verstappen, Anthony Kumpen, juga seorang pembalap. Anthony adalah pembalap NASCAR Whelen Euro Series, dan sekarang dia sudah menjadi manajer tim dari PK Carsport. Dari sini, terlihat darah pembalap yang begitu kental dari Verstappen.

Baca Juga: Berpeluang Juara, Max Verstappen Tetap Realistis Hadapi GP Abu Dhabi

2. Verstappen memulai karier dari karting

Profil Max Verstappen: Darah Pembalap yang Membawanya JuaraMax Verstappen meninggalkan podium pada GP Arab Saudi. (planetf1.com)

Sebelum mengenal Formula 1, Verstappen mengenal dunia balap mobil dari karting. Berkarier di karting sejak usia empat tahun, Verstappen beberapa kali sukses meraih gelar juara, seperti gelar juara Rotax Max Challenge maupun Dutch Championship.

Pada 2014, Verstappen mengenal dunia Formula 1. Dia membalap di ajang Formula 3 bersama Van Amersfoort Racing, sampai akhirnya debut di Formula 1 bersama Scuderia Toro Rosso. Satu setengah musim bersama Scuderia, Verstappen akhirnya hengkang ke Red Bull Racing pada 2016.

Sejak saat itulah, Verstappen menjadi andalan Red Bull Racing. Tidak cuma menjadi andalan Red Bull Racing, Verstappen juga menahbiskan diri sebagai salah satu pembalap andal di ajang Formula 1.

3. Verstappen catatkan torehan apik di Formula 1

Profil Max Verstappen: Darah Pembalap yang Membawanya Juaratwitter.com/redbullracing

Dimulai pada 2016, Verstappen tercatat sudah 141 kali menjalani balapan. Dari 141 balapan itu, Verstappen mencatatkan 60 podium, dan meraih 20 kemenangan. Sejauh ini, dia sudah menorehkan 1557,5 poin.

Beragam penghargaan juga sudah didapat oleh Verstappen sepanjang kariernya. Dia pernah mendapatkan FIA Action of the Year pada 2014 sampai 2016, lalu 2019. Dia juga pernah mendapatkan FIA Personality of the Year mulai dari 2015 sampai 2017.

Puncaknya, Max Verstappen sukses meraih gelar juara Formula 1 2021. Musim 2022, nama Verstappen masih akan jadi potensi untuk meraih gelar juara.

Baca Juga: 5 Rekor Max Verstappen di Formula 1, Calon Juara Dunia 2021

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya