Comscore Tracker

Proses Pemulihan Lambat, Marc Marquez Jalani Operasi Ketiga

Marquez harus absen lebih lama lagi

Jakarta, IDN Times - Marc Marquez belum akan kembali membalap di MotoGP dalam waktu dekat. Sebab ia harus menjalani operasi pada lengan kanannya pada Kamis (3/12/2020). Operasi ini berlangsung di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid.

"Marc Marquez kembali menjalani operasi di lengan kanannya, karena proses pemulihan di beberapa tulang di lengannya berjalan lambat, meski sudah diberikan terapi kejut khusus," demikian pernyataan resmi Honda.

1. Operasi Marquez berlangsung selama delapan jam

Proses Pemulihan Lambat, Marc Marquez Jalani Operasi Ketigamotogp.com

Operasi yang dijalani oleh Marquez berlangsung selama delapan jam. Pembalap asal Spanyol itu harus menjalani proses pemasangan pelat baru, menggantikan pelat lama yang ada di lengannya.

Operasi ini dilakukan oleh tim dokter yang terdiri dari dokter Samuel Antuna, Ignacio Roger de Ona, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal, dan Andrea Garcia Villanueva. Selain pemasangan pelat, Marquez juga menjalani operasi pencangkokan tulang dari pinggulnya.

Baca Juga: Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP

2. Marquez harus menepi lebih lama lagi

Proses Pemulihan Lambat, Marc Marquez Jalani Operasi Ketigamotogp.com

Usai menjalani operasi ketiga, Marquez diperkirakan akan kembali menjalani masa pemulihan. Dilansir Marca, ia bakal absen selama enam bulan ke depan. Jika begitu, Marquez baru akan bisa membalap lagi pada Juni 2021 mendatang.

Alhasil, ia harus absen dalam tujuh seri awal MotoGP 2021. Berdasarkan kalender sementara yang dirilis Dorna, MotoGP 2021 akan dimulai pada 28 Maret 2021 di Qatar.

Diperkirakan, selain di Qatar, Marquez akan absen di seri Argentina, Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya.

3. Cedera Marquez didapat pada musim 2020

Proses Pemulihan Lambat, Marc Marquez Jalani Operasi Ketigatwitter.com/marcmarquez93

Marquez terkena cedera patah lengan setelah ia mengalami crash pada seri pertama MotoGP 2020 di Jerez, Juli lalu. Ia pun langsung menjalani operasi akibat cederanya ini.

Kondisi Marquez sejatinya sempat membaik. Namun, cederanya kambuh setelah ia mencoba untuk membuka jendela di rumahnya. Operasi kedua pun dijalani Marquez pada Agustus 2020.

Setelah operasi kedua ini, Marc Marquez harus menjalani pemulihan dalam waktu lama. Alhasil, ia harus rela absen dalam sisa seri MotoGP 2020, yang pada akhirnya sukses dijuarai oleh Joan Mir.

Baca Juga: 7 Pembalap MotoGP Paling Sering Jatuh di 2020, Ada dari Indonesia

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya