Comscore Tracker

Satria Muda yang Konsisten, Langganan Tembus Final IBL 2022

Satria Muda memang rutin masuk final IBL

Jakarta, IDN Times - Satria Muda Jakarta memang bukan klub kaleng-kaleng di pentas basket Indonesia. Keberhasilan mereka menembus final Indonesia Basketball League (IBL) 2022 jadi bukti kualitas dari klub ini.

Sepanjang musim 2022, Satria Muda memang menunjukkan kualitas ciamik. Sempat tidak meyakinkan di awal musim reguler, mereka mulai menanjak hingga akhirnya memastikan satu tempat dalam play-off.

Memasuki play-off hingga semifinal, Satria Muda makin menggila. Mereka tidak terhenti, hingga akhirnya berhasil menembus final. Tak aneh, karena Satria Muda memang sudah langganan final.

1. Satria Muda rutin masuk final sejak 2003

Satria Muda yang Konsisten, Langganan Tembus Final IBL 2022Satria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Sejak kompetisi basket Indonesia alih rupa jadi profesional pada 2003, Satria Muda rutin masuk final. Tercatat, mereka masuk final sebanyak 14 kali. Bahkan, mereka sempat melaju ke partai puncak secara beruntun mulai 2003 hingga 2010/11.

Hanya dalam beberapa gelaran saja Satria Muda gagal masuk final.yakni pada 2012/13 dan 2016. Khusus pada 2016, mereka mendapatkan perlawanan sengit dari CLS Knights Surabaya yang masih diperkuat Mario Wuysang, Jamarr Johnson muda, dan Isman Thoyib.

Baca Juga: Final IBL 2022 Pertemukan Lagi Satria Muda dan Pelita Jaya

2. Satria Muda sudah 10 kali meraih gelar

Satria Muda yang Konsisten, Langganan Tembus Final IBL 2022Satria Muda Juara IBL 2021. (Dok. IBL)

Pada 2021 lalu, Satria Muda sukses menggamit gelar IBL usai menundukkan Pelita Jaya di final. Gelar di 2021 itu jadi yang ke-10 buat Satria Muda di era kompetisi basket profesional, menandakan sebagai poros kekuatan basket Tanah Air.

Namun, gelar kompetisi basket terbanyak di Indonesia masih dipegang oleh Aspac. Sejak kompetisi basket Indonesia masih bernama Kobatama hingga kini, Aspac sudah meraih 14 gelar. Namun, Satria Muda masih berpeluang menambah gelar.

3. Tuntutan jadi yang terbaik setiap musim

Satria Muda yang Konsisten, Langganan Tembus Final IBL 2022Satria Muda di IBL 2022. (iblindonesia.com)

Pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh, mengakui manajemen memang memandatkan untuk jadi yang terbaik setiap tahunnya. Alhasil, mengecap partai final seolah jadi sebuah hal yang lumrah bagi mereka.

"Memang, tradisinya kami harus ada di level yang tinggi. Kami juga dapat mandat dari manajemen dan kami senang melakukan itu. Kami setiap tahun dituntut jadi yang terbaik, dan kami dikasih kesempatan lagi musim ini (2022)," ujar Youbel.

Sekarang, Satria Muda berkesempatan menambah gelar. Syaratnya, mereka harus menundukkan Pelita Jaya Jakarta di final IBL 2022. Ini jadi pengulangan laga final 2021 lalu, menandakan kedua tim ini memang yang terbaik di basket Indonesia saat ini.

Baca Juga: Satria Muda Usung Semangat Juara Jelang Play-off IBL 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya