Sirkuit Mandalika Dicoret dari WSBK 2024, Pembalap HRC Kecewa

WSBK 2024 tak akan digelar di Mandalika

Jakarta, IDN Times - Pembalap tim Honda HRC, Xavi Vierge, mengaku kecewa Sirkuit Mandalika dicoret dari kalender World Superbike (WSBK) 2024. Sosok asal Spanyol ini sejatinya berjodoh dengan sirkuit yang berlokasi di Lombok itu.

"Tahun lalu kami dapat kesempatan balapan di sini (Mandalika), dan sangat menyenangkan. Tapi, sayang tahun depan kami tidak akan ke sini lagi. Sedih memang," ujar Vierge di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023

1. Vierge senang dengan layout Mandalika

Sirkuit Mandalika Dicoret dari WSBK 2024, Pembalap HRC KecewaPara pembalap HRC hadir di Jakarta, Rabu (29/11/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam World Superbike (WSBK) 2023 di Mandalika, Vierge meraih capaian apik. Dia sukses finis di posisi ketiga kala itu. Pembalap HRC ini juga terkesan dengan tampilan Sirkuit Mandalika yang menurutnya indah.

"Dulu saya memang sudah tahu bahwa Indonesia berencana membuat sirkuit baru di Lombok. Saat melihat sirkuit ini (Mandalika) secara langsung, saya tidak percaya. Sirkuit ini sangat bagus," ujar Vierge.

Baca Juga: Merasakan Sensasi Balap Turbo Ultimate Experience di Sirkuit Mandalika

2. Bakal merindukan keramahan masyarakat Lombok

Sirkuit Mandalika Dicoret dari WSBK 2024, Pembalap HRC KecewaSeorang anak melintas di Area Sirkuit Mandalika sepulang sekolah di Desa Kuta Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Vierge juga berujar, salah satu hal yang membuatnya terkesan saat membalap di Mandalika adalah dukungan dan keramahan masyarakat, terkhusus masyarakat Lombok. Itu jadi sesuatu yang spesial baginya.

"Salah satu hal terbaik (saat balapan di Indonesia) tentu saja adalah dukungan dari masyarakat. Meskipun kami dari negara lain, tetapi sebagian besar pendukung yang kami miliki berasal dari sini, dari Indonesia," ujar Vierge.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel di Sekitar Kawasan Mandalika Lombok

3. Harapan untuk kembali ke Mandalika

Sirkuit Mandalika Dicoret dari WSBK 2024, Pembalap HRC KecewaPara pembalap HRC hadir di Jakarta, Rabu (29/11/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Musim depan, sudah dipastikan tak akan ada Sirkuit Mandalika di WSBK. Dalam kalender sementara WSBK 2024 yang sudah dikeluarkan, tak ada nama Mandalika. Namun, Vierge optimistis Mandalika akan kembali menggelar WSBK.

"Saya yakin, kami bisa segera kembali lagi (ke Sirkuit Mandalika). Saya optimistis WSBK akan digelar lagi di sini," kata Vierge.

WSBK 2024 sendiri dipastikan tidak digelar di Sirkuit Mandalika. Merujuk pada keterangan dari Kementerian BUMN, penyelenggaraan ajang balap motor itu tidak menghadirkan keuntungan bagi Indonesia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya