Comscore Tracker

Thailand Open 2021: Anthony Ginting Tumbang di Tangan Axelsen

Anthony Ginting pun gagal melaju ke final

Jakarta, IDN Times - Atlet asal Indonesia Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke final tunggal putra Thailand Open 2021. Di babak semifinal, Ginting tumbang di tangan Viktor Axelsen dalam laga yang berlangsung selama tiga set, 19-21, 21-13, dan 13-21.

Berkat hasil ini, Indonesia gagal menempatkan wakil di nomor tunggal putra Thailand Open 2021. Sehingga dua wakil Indonesia di nomor tunggal putra ini, semuanya takluk di tangan Azelsen. Sebelumnya, Axelsen mampu menundukkan Jonatan Christie di perempat final.

Baca Juga: Thailand Open 2021: Langkah Leo/Daniel Terhenti di Semifinal

1. Set pertama, Ginting tumbang

Thailand Open 2021: Anthony Ginting Tumbang di Tangan AxelsenAnthony Sinisuka Ginting melaju ke semifinal Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Laga ketat sudah tersaji sejak awal set pertama. Ginting dan Axelsen saling melepas smes akurat yang gagal dihalau dengan baik. Tak heran, keduanya bahkan mencatatkan skor 6-6 di awal set pertama ini.

Namun, Ginting bisa dibilang tampil lebih baik di awal-awal set pertama ini. Pukulan-pukulan yang ia lepaskan cukup terarah, hingga membuat Axelsen kerepotan. Ginting juga lihai membuat Axelsen melakukan kesalahan. Interval set pertama pun berakhir dengan keunggulan Ginting, 11-10.

Setelah interval, Ginting sempat mengalami penurunan permainan. Axelsen tampil lebih baik, dengan smes-smes yang lebih tajam. Hal tersebut memaksa Ginting melakukan kesalahan beberapa kali, hingga akhirnya ia tertinggal 12-14.

Tetapi, Ginting tidak menyerah. Ia memperbaiki permainannya dan coba menekan balik Axelsen. Alhasil, ia mampu kembali unggul dengan skor 15-14. Setelahnya, laga berjalan ketat. Kejar-kejaran angka terjadi antara Axelsen dan Ginting. Namun, pada akhirnya, Ginting harus rela kalah 19-21 di set pertama ini. 

2. Ginting mulai bangkit di set kedua

Thailand Open 2021: Anthony Ginting Tumbang di Tangan AxelsenAnthony Sinisuka Ginting amankan tiket final Indonesia Masters 2020

Memasuki set kedua, Ginting mulai bangkit. Sempat unggul 6-4, Ginting pada akhirnya sempat tertinggal dari Axelsen dengan skor 6-7. Sosok asal Denmark itu mampu menyerang balik Ginting dan melepaskan pukulan-pukulan terarah yang mampu merepotkan Ginting.

Permainan Axelsen terus berlanjut, hingga akhirnya ia menutup interval set kedua dengan keunggulan 11-7. Setelah interval inilah, Ginting mulai menggila. Ia mengejar ketertinggalan hingga 11-11, lalu kemudian berbalik unggul jadi 18-13.

Sama seperti Axelsen di awal set kedua, selepas interval, Ginting menekan habis-habisan Axelsen. Berkat hal tersebut, Ginting mampu mencetak poin demi poin. Akhirnya, Ginting menutup set kedua dengan kemenangan 21-13.

3. Ginting menurun lagi di set ketiga, dan akhirnya kalah

Thailand Open 2021: Anthony Ginting Tumbang di Tangan AxelsenAnthony Sinisuka Ginting menangkan gelar Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Memasuki set ketiga, penampilan Ginting justru menurun lagi. Di awal set, ia sempat menorehkan keunggulan dengan skor 5-2. Tekanan ketat yang diperlihatkan Ginting selepas interval set kedua masih terasa.

Tekanan ini terus berlanjut, bahkan Ginting menutup interval set ketiga dengan skor 11-7. Sayangnya, selepas interval, dia mengalami penurunan performa. Hal tersebut membuat Axelsen mampu bangkit. Ia memanfaatkan kesempatan ini untuk menyerang balik Ginting.

Pukulan demi pukulan yang ia lepas merepotkan Ginting. Axelsen pun mampu mengejar ketertinggalan, bahkan sampai melampaui angka perolehan Ginting di poin 14-12. Sosok asal Denmark itu terus-terusan mencetak angka.

Akhirnya, Axelsen menutup set ketiga dengan keunggulan 21-13. Axelsen melaju ke final, sementara Anthony Ginting harus rela langkahnya terhenti di semifinal Thailand Open 2021.

Baca Juga: Thailand Open 2021: Anthony Ginting Maju ke Babak Semifinal

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya