Timnas MMA Tarung di Thailand, Targetkan Bawa Pulang Emas

Buat kado HUT RI ke-78

Jakarta, IDN Times - Timnas Mixed Martial Arts Indonesia akan bertarung dalam turnamen Asia bertajuk 1st Asian Mixed Martial Arts Championships 2023 di Thonburi, Bangkok, Thailand, pada 18 hingga 20 Agustus 2023.

Turnamen ini diikuti 27 negara Asia, termasuk Indonesia. Tidak cuma itu, ajang ini langsung diselenggarakan di bawah Olympic Council Of Asia (OCA).

1. Timnas MMA targetkan emas

Timnas MMA Tarung di Thailand, Targetkan Bawa Pulang EmasTimnas MMA Indonesia siap mentas di Kejuaraan Asia. (Dok. PERTACAMI)

Ketua Umum Persatuan Tarung Campuran Indonesia (PERTACAMI), Tommy Paulus Hermawan, mengatakan ini pertama kali keikutsertaan Timnas MMA di ajang tersebut. Meski begitu, Indonesia percaya diri buat menargetkan meraih emas.

"Saya targetkan Timnas MMA Indonesia dapat mempersembahkan medali emas. Ini bisa menjadi hadiah bagi HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-78," ujar Tommy di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Dagestan, Kuil Suci Petarung MMA Tangguh

2. Persiapan maksimal sudah dilakukan Indonesia

Timnas MMA Tarung di Thailand, Targetkan Bawa Pulang EmasTimnas MMA Indonesia siap mentas di Kejuaraan Asia. (Dok. PERTACAMI)

Demi meraih target itu, PERTACAMI menyatakan sudah menggembleng Timnas MMA dalam rangkaian TC. Bahkan, mereka dilatih di bawah arahan dua pelatih yang juga legenda MMA, Theodorus Ginting dan Agus Nanang  Suryana. Pun, sejumlah uji coba sudah dijalani dengan menghadapi beberapa petarung luar negeri.

"Saat memasuki persiapan prakompetisi, pelatnas langsung saya instruksikan untuk dipindah ke Canggu, Bali pada Juni 2023. Ini dilakukan agar atlet-atlet yang kami persiapkan dapat konsentrasi dan mendapatkan lawan tanding dari berbagai negara,” ujar Tommy.

3. Timnas MMA Indonesia akan ikut dua kategori

Timnas MMA Tarung di Thailand, Targetkan Bawa Pulang EmasTimnas MMA Indonesia siap mentas di Kejuaraan Asia. (Dok. PERTACAMI)

Timnas MMA nantinya ikut dalam dua kategori di 1st AMMA Championships Bangkok. Dia pun meminta doa restu kepada masyarakat Indonesia agar mendapatkan prestasi tinggi di ajang tersebut.

"Hari ini, kami berangkat menuju Bangkok, Thailand, mohon doa restu seluruh rakyat Indonesia, agar kami mampu memenuhi target Ketua Umum PB PERTACAMI untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya sebagai kado HUT kemerdekaan RI yang ke 78," kata manajer Timnas MMA, Peter Taslim.

Menjawab target medali emas, Theo sangat optimistis. Dia pun berterima kasih kepada PERTACAMI, khususnya Tommy, yang telah mengakomodir seluruh kebutuhan atlet dan ofisial.

"Selama berlatih seluruh atlet dalam keadaan fit dan siap mengharumkan nama bangsa," ujar Theo.

Berikut tujuh atlet Timnas MMA Indonesia yang Ikut dalam Kejuaraan 1st Asian Mixed Martial Arts (AMMA) Championships 2023:

4 Atlet Tradisional MMA:

1. Saputra Parmonangan Hariandja, Kelas 96 Kg
2. Tony Kristian Hutapea, Kelas 56Kg
3. Meydelse Sitepu, Kelas 60 Kg
4. Kaleb Putra Salem Siregar, Kelas 56 Kg

3 Atlet Modern MMA:

1. Gugun Gusman, Kelas 60 Kg
2. Yudi Chayadi, Kelas 65 Kg
3. Emma Ramadinah, Kelas 54 Kg

Baca Juga: Eko Roni Ingin Tunjukkan Kehebatan MMA Indonesia Lawan Petarung Top

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya