Valentino Rossi yang Jadi Inspirasi Dunia

Gara-gara Valentino Rossi, orang senang MotoGP

Jakarta, IDN Times - Cukup lama Valentino Rossi berkarier di dunia MotoGP, yakni sepanjang 26 tahun. Sejak berkarier di kelas 125cc sampai 500cc yang akhirnya berubah jadi MotoGP, semua dilalui Rossi dengan kegemilangan dan beragam catatan sejarah.

Tak disangka, apa yang Rossi lakukan sepanjang karier memberi inspirasi bagi orang-orang. Mereka mulai melihat MotoGP sebagai prospek menjanjikan dalam karier, terutama yang memang memiliki ketertarikan terhadap dunia balap motor.

"Saya harus akui, pencapaian selama karier memantik emosi orang-orang. Saya pun bangga, karena ini adalah sesuatu yang spesial secara pribadi. Tanpa terasa, saya memberi inspirasi bagi orang-orang di luar sana," ujar Rossi, dilansir Autosport.

1. Rossi akui bikin MotoGP lebih terkenal

Valentino Rossi yang Jadi Inspirasi Duniasport.detik.com

Selain membawa inspirasi, Rossi juga membuat MotoGP jadi lebih dikenal masyarakat. Di Italia, orang-orang yang awalnya awam akan kelas 125cc dan 250cc, mulai mengenalnya. Rossi pun menyadari, keterlibatan selama 26 tahun di MotoGP membawa efek positif.

"Perbedaan saya dan pembalap hebat MotoGP lainnya adalah, tanpa disadari, berhasil membuat orang-orang mengenal lebih dekat MotoGP. Mungkin, tanpa saya, orang-orang tak akan tahu kelas 125cc dan 250cc, khususnya orang Italia," ujar Rossi.

Baca Juga: Susah Payah Valentino Rossi Tembus 10 Besar di MotoGP 2021

2. Banyak orang di Italia mulai menekuni dunia balap

Valentino Rossi yang Jadi Inspirasi Duniainstagram.com/motogp

Dengan prestasi gemilangnya selama 26 tahun berkarier di MotoGP, Rossi pun mengakui banyak orang Italia yang mulai terjun ke dunia balap motor. Italia mulai menelurkan pembalap hebat, macam Franco Morbidelli maupun Francesco Bagnaia, semua karena The Doctor.

"Di Italia, banyak orang mulai berkarier di dunia balap motor karena terinspirasi oleh saya. Mirip seperti yang dialami Alberto Tomba di olahraga ski. Ini adalah sesuatu yang spesial buat saya. Tiap pekan, orang menyisihkan waktu dua jam untuk menyaksikan saya balapan. Luar biasa," tutur Rossi.

3. Rossi memutuskan untuk pensiun selepas musim 2021

Valentino Rossi yang Jadi Inspirasi DuniaInfografis Valentino Rossi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Akan tetapi, perjalanan Rossi di MotoGP segera menemui akhir. Beberapa waktu lalu, Rossi sudah mengumumkan pensiun dari MotoGP selepas musim 2021. Dia sadar, sudah tidak mampu lagi bersaing dengan para pembalap muda.

Rossi pun mengakui bakal mengenang semua momen manis saat membalap di MotoGP. Salah satunya adalah ketika dia dihampiri fans, dan mereka menangis sekaligus gembira melihat Rossi secara langsung. Bagi Rossi, itu adalah hal yang tak akan terlupakan.

"Banyak fans MotoGP datang dan ketika melihat saya, mereka senang. Bahkan, ada beberapa yang menangis. Saya bilang kepada mereka, 'Jangan menangis. Kok, kamu nangis?' Tetapi ya, inilah emosi terbesar yang akan selalu saya ingat," kata Valentino Rossi.

Baca Juga: Mengenang Perjalanan Karier Valentino Rossi di MotoGP

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya