16 Wakil Indonesia Sudah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris

Bulu tangkis tampil di semua sektor

Jakarta, IDN Times - Indonesia sudah meloloskan 16 wakilnya ke Olimpiade 2024, Paris. Terbaru, ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, memastikan diri melaju ke Olimpiade, meski gagal melaju ke perempat final Kejuaraan Asia 2024.

Masuknya Rinov/Pitha membuat cabang olahraga bulu tangkis diikuti oleh Indonesia di semua sektor. Tentunya, hal ini cukup menggembirakan, karena awalnya dikhawatirkan ada beberapa sektor yang tak bisa diikuti oleh Indonesia.

Sebanyak 16 wakil itu berasal dari tujuh cabang olahraga, yakni panahan, bulu tangkis, senam artistik, selancar, angkat besi, panjat tebing, dan menembak.

1. Bulu tangkis jadi cabor dengan atlet terbanyak

16 Wakil Indonesia Sudah Lolos ke Olimpiade 2024 ParisFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat menjuarai All England 2024. (pbsi.id)

Bulu tangkis menjadi penyumbang wakil terbanyak. Setidaknya, ada enam wakil Indonesia yang tembus ke Olimpiade dari cabor unggulan ini.

Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov/Pitha.

Kelolosan Rinov/Pitha yang paling dramatis. Mereka sempat diragukan lolos karena tersingkir lebih dini di Kejuaraan Asia 2024. Ternyata, hasil buruk yang didapat Rinov/Pitha tak bisa dimanfaatkan para pesaingnya. Dengan begitu, mereka finis di 16 besar klasemen road to Paris.

Baca Juga: Nurul Akmal Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

2. Panjat tebing jadi harapan baru

16 Wakil Indonesia Sudah Lolos ke Olimpiade 2024 ParisAtlet panjat tebing nomor speed putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Harapan baru muncul dari panjat tebing. Cabor ini memang diharapkan bisa menjadi sumur emas baru bagi Indonesia, mengingat reputasi para pemanjat nasional, terutama di nomor speed, begitu ditakuti.

Bahkan, persaingan ketat hingga kejutan terjadi dalam nomor speed putra. Veddriq Leonardo bahkan kalah dari Rahmad Adi Mulyono dalam Asian Qualifier, 12 November 2023 lalu. Selain Adi, ada pula Desak Made Rita di kategori putri.

3. Daftar wakil Indonesia di Olimpiade 2024

16 Wakil Indonesia Sudah Lolos ke Olimpiade 2024 ParisPeselancar putra Indonesia, Rio Waida lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris (instagram.com/riowaida_)

Berikut 16 wakil Indonesia di Olimpiade 2024 Paris dikategorikan lewat cabor

Bulu tangkis:
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonathan Christie
3. Gregoria Mariska Tunjung
4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
6. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Panjat Tebing:
1. Rahmad Adi Mulyono
2. Desak Made Rita

Panahan:
1. Arief Dwi Pangestu
2. Diananda Choirunisa

Angkat Besi:
1. Eko Yuli Irawan
2. Nurul Akmal
3. Rizki Juniansyah

Menembak:
1. Fathur Gustafian

Senam Artistik:
1. Rifda Irfanaluthfi

Selancar:
1. Rio Waida

Baca Juga: Kalah di BAC, Rinov/Pitha Amankan Tiket ke Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya