Kesan Manis Pembalap F1 Powerboat di Danau Toba

Indonesia pertahankan kelasnya sebagai tuan rumah terbaik

Jakarta, IDN Times - Danau Toba, Sumatra Utara, tampak sudah menjadi lintasan favorit dari para pembalap F1 Powerboat. Buktinya, mereka mengaku begitu terkesan ketika memacu perahu balapnya untuk kedua kali dalam dua tahun terakhir.

Joki Stromoy Racing, Bartek Marzalek, mengaku Danau Toba merupakan trek yang menantang Kondisi air di Danau Toba menjadi tantangan tersendiri baginya.

"Luar biasa bisa kembali ke Danau Toba. Track di Danau Toba penuh tantangan dan diperlukan set up mesin dan kemampuan yang matang untuk menaklukan trek ini," ujar Marzalek dikutip pernyataan resminya, Minggu (3/3/2024).

Hal serupa juga dilontarkan oleh pembalap Bind Dinh Vietnam, Stefan Arand. Kondisi air Danau Toba yang tak menentu menyulitkannya selama balapan. Hal tersebut membuatnya harus menyesuaikan gaya balap, set mesin, dan lainnya.

"Ini adalah balapan pertama saya di Indonesia, sehingga masih beradaptasi untuk memenangkannya. Meski, secara teknis sulit dan menantang, tapi saya sangat menyukai lintasan di sini. Harus diakui treknya sangat sulit dan menantang," kata Stefan.

1. Sambutan warga yang begitu meriah

Kesan Manis Pembalap F1 Powerboat di Danau TobaSprint race seri pembuka F1 Powerboat Danau Toba 2024 (https://www.f1h2o.com)

Hal lain yang bikin para pembalap terkesan adalah sambutan dari warga lokal Danau Toba. Mereka begitu nyaman, karena merasa diterima oleh warga sekitar.

"Saya sangat takjub dengan ramahnya masyarakat setempat dan penonton-penonton yang sangat antusias," ujar Marzalek.

Baca Juga: Jonas Andersson dan Erik Stark Juara Sprint Race F1 Powerboat

2. Indonesia pertahankan kelasnya

Kesan Manis Pembalap F1 Powerboat di Danau TobaErik Stark dari Victory memenangkan sprint race 2 F1H2O Danau Toba, Sabtu (2/3/2024) (F1h2o.com)

Kesan yang muncul dari para pembalap tentu menjadi bukti, Indonesia mempertahankan kualitasnya dalam menyambut dan menggelar F1 Powerboat. Sebab, musim lalu, Indonesia dinobatkan sebagai tuan rumah terbaik di ajang ini.

"Saya ingat F1 Powerboat tahun lalu merupakan kali pertama Indonesia menyelenggarakan ajang ini dan menjadi penyelenggara terbaik. Tahun ini, kami kembali dan jatuh cinta. Danau Toba telah menjadi rumah kedua bagi kami," kata Director H2O Management, Raimondo Di San Germano.

3. Berharap Danau Toba kian mendunia

Kesan Manis Pembalap F1 Powerboat di Danau TobaPerahu motor tim Stromoy Racing diturunkan menggunakan crane untuk mencoba performa mesin jelang pelaksanaan F1 Powerboat 2024 di Balige, Rabu (29/2/2024). (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso)

Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi berharap F1 Powerboat Danau Toba bisa memberikan dampak lain ketimbang kesan dalam aspek sporting. Dengan kehadiran para pembalap ke Danau Toba, Odo berharap destinasi wisata unggulan ini bisa dipromosikan lebih jauh oleh mereka lewat sejumlah platform media sosial dan lainnya secara pribadi.

"Kami berharap para pembalap tidak hanya berkompetisi, akan tetapi membantu mempromosikan Danau Toba dan menjadi bagian dari pengembangan destinasi pariwisata yang terus berkelanjutan," ujar Odo.

Baca Juga: F1 Powerboat 2024 Danau Toba Ubah Format Demi Bantu Pembalap

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya