3 Cara Memegang Bola Softball, Berpengaruh Terhadap Hasil Lemparan

Salah satu teknik yang penting, lho!

Softball adalah salah satu permainan bola kecil yang dilakukan secara beregu dan terdiri atas dua tim. Masing-masing tim terdiri dari sembilan orang pemain. Softball adalah permainan yang berasal dari Amerika Serikat dan ditemukan pertama kali pada tahun 1887.

Satu tim softball terdiri dari 9 pemain yang terdiri atas berbagai macam posisi seperti pitcher, catcher, base man, short stop, short fielder, left fielder, dan right fielder. Seperti kebanyakan olahraga, softball juga memiliki beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai, salah satu  hal yang penting dalam bermain softball adalah teknik memegang bola.

Mungkin terdengar mudah dan sepele, tapi ternyata terdapat beberapa cara dalam memegang bola softball. Berikut ini adalah 3 cara memegang bola softball.

Baca Juga: 11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Sini

1. Pegangan empat jari (four finger grip)

3 Cara Memegang Bola Softball, Berpengaruh Terhadap Hasil Lemparanilustrasi bermain softball (pixabay.com/Keithjj)

Bola softball dapat kamu pegang menggunakan empat jari. Jika kamu menggunakan teknik ini, pelempar akan memegang bola dengan cara menempelkan kelima jari pada area sekeliling bola sehingga menjadi sebuah genggaman. 

Jika kamu menggunakan teknik memegang bola dengan empat jari, maka lemparan yang dihasilkan adalah bola dengan putaran samping, tepatnya arah bola akan menjadi ke samping luar.

2. Pegangan dua jari (two finger grip)

3 Cara Memegang Bola Softball, Berpengaruh Terhadap Hasil Lemparanilustrasi bermain softball (pixabay.com/Keithjj)

Selanjutnya terdapat teknik memegang menggunakan dua jari atau two finger grip. Teknik memegang bola dua jari ini adalah bentuk peganggan dengan meletakkan bagian jari tengah dan juga jari telunjuk di atas bola, lalu disangga menggunakan ketiga jari yang lainnya.

Meski hanya menggunakan dua jari, tapi bola tidak mudah untuk lepas. Hal itu disebabkan karena bola dapat dicengkram dengan kuat oleh kedua jari yang posisinya di atas bola. 

Pegangan dua jari ini akan menghasilkan lemparan dengan putaran bola ke arah belakang atau back spin, sehingga lintasan jalan bola akan menjadi datar sebab pengaruh putaran bola mengarah ke belakang yang disebabkan lecutan bola dari dua jari di atas bola. 

Baca Juga: 4 Istilah Dalam Permainan Softball, Ketahui Sebelum Bermain Langsung

3. Pegangan tiga jari (three finger grip)

3 Cara Memegang Bola Softball, Berpengaruh Terhadap Hasil Lemparanilustrasi bermain softball (pixabay.com/Keithjj)

Cara memegang bola softball selanjutnya adalah dengan menggunakan pegangan tiga jari atau three finger grip. Pemain akan memegang serta melempar bola hanya dengan menggunakan tiga jari. 

Pegangan tiga jari ini diterapkan dalam bentuk memegang bola dengan menempatkan tiga jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis yang disangga oleh jari kelingking. Sementara itu, bagian bawah bola akan disangga oleh ibu jari agar cengkraman lebih kokoh. 

Itulah tiga cara dalam memegang bola softball. Perlu diketahui juga bahwa teknik memegang bola softball ini menjadi salah satu teknik yang penting karena dapat memengaruhi hasil lemparan yang dilakukan oleh sang pemain.

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya