11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Sini

Ketahui fungsi dan kegunaannya

Setiap olahraga pasti membutuhkan peralatan atau perlengkapan tertentu untuk menunjang permainan. Bahkan, olahraga catur sekalipun membutuhkan meja, papan catur, beserta bidaknya. Begitu pula dengan olahraga softball, yaitu permainan beregu dengan bola kecil yang terdiri dari berlari, melempar, dan memukul bola.

Perlengkapan permainan softball pun cukup banyak. Mulai dari bola, tongkat pemukul, sepatu, hingga seragam. Semuanya memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda, tapi sama-sama digunakan untuk menunjang permainan softball.

Apa saja perlengkapan softball, seperti apa spesifikasinya, dan bagaimana penggunaannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bola softball

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di SiniPerbedaan softball dan baseball berdasarkan berat bola (freepik.com)

Benda yang wajib ada dalam permainan softball apalagi kalau bukan bola. Bola softball berukuran lebih besar daripada bola baseball. Bola softball biasanya memiliki keliling 27,9-30,5 cm. Sedangkan beratnya sekitar 178,9-198,4 gram.

Bola softball umumnya terbuat dari kulit sintetis dan berwarna kuning atau putih. Kemudian ciri khas bola softball adalah terdapat jahitan yang terlihat jelas di sekelilingnya.

2. Tongkat pemukul atau bat

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi bermain softball (pixabay.com/Keithjj)

Perlengkapan permainan softball yang sangat penting juga adalah tongkat pemukul atau disebut bat. Tongkat pemukul digunakan untuk memukul bola yang dilempar oleh pelempar atau pitcher.

Tongkat pemukul softball juga khusus dan tidak bisa sembarangan karena memiliki aturan terkait ukurannya. Biasanya tongkat pemukul softball memiliki panjang 86,5 cm. Sedangkan bahan pemukul softball terbuat dari kayu, besi, atau aluminium.

3. Pelindung tangan atau glove

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi perkataan softball (pixabay.com/pictureback)

Perlengkapan berikutnya adalah pelindung tangan atau glove. Berbeda dengan sarung tangan pada sepak bola, pelindung tangan pada permainan softball lebih besar dan tebal. 

Glove digunakan untuk pemain pertahanan, posisi catcher, dan first baseman agar lebih mudah dalam menangkap bola. Glove juga melindungi tangan dari rasa sakit dan risiko cedera saat menangkap lemparan yang kencang dan keras.

Pelindung tangan ini biasanya dibuat dari bahan kulit yang tebal. Ukuran pelindung tangan umumnya 38 x 38 cm dengan berat 283 gram.

4. Helm atau light guard

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi olahraga softball (pexels.com/pixabay)

Softball termasuk olahraga yang berisiko karena lemparan bola yang sangat kuat bisa mengenai anggota tubuh pemain, termasuk kepala. Untuk menghindari risiko tersebut, pemain yang berposisi sebagai batting dan catcher wajib menggunakan helm khusus yang disebut light guard.

Sebab, posisi pemain tersebut paling berisiko terkena lemparan bola. Helm tersebut biasanya juga dilengkapi dengan pelindung wajah agar lebih aman.

5. Pelindung badan atau body protector

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi permainan softball (pixabay.com/Keithjj)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, seorang catcher berisiko terkena lemparan bola yang keras. Sebab, catcher bertugas menangkap bola yang gagal dipukul oleh pemain lawan.

Supaya terhindar dari lemparan nyasar yang mengenai bagian dada atau perut, seorang catcher menggunakan body protector. Selain itu, pelindung badan ini juga digunakan oleh wasit.

Baca Juga: Berapa Jumlah Pemain Softball? Ini Penjelasan Lengkapnya

6. Pelindung kaki atau leg protector

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi bermain softball (pixabay.com/Keithjj)

Perlengkapan permainan softball selanjutnya masih untuk seorang catcher. Pelindung kaki atau leg protector berbentuk seperti dekker pada sepak bola, tapi versi yang lebih besar.

Pelindung kaki pada softball melindungi seluruh bagian kaki mulai dari ujung jari sampai tempurung lutut. Tujuannya agar menghindari risiko cedera atau sakit pada kaki jika catcher terkena bola liar.

7. Sepatu pool atau cleats

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di SiniTeknik lemparan bawah sebagai eknik melempar bola softball (pexels.com/mark-milbert-67886347)

Sepatu yang digunakan setiap pemain softball juga khusus dan berbeda dari sepatu olahraga pada umumnya. Sepatu pool atau cleats biasanya dibuat dari kulit halus atau kanvas. Bagian sol sepatu cenderung rata dan dibuat dari bahan karet.

Namun, ada juga sepatu dengan sol logam atau plat yang terletak di bagian tumit. Hal itu masih diperbolehkan asalkan paku atau pul yang menonjol tidak lebih dari 2 cm. Jenis sepatu yang tidak diizinkan adalah sepatu dengan metal spike di sekelilingnya. Sebab bisa membahayakan pemain lainnya.

8. Seragam

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi laki-laki bermain softball (unsplash.com/billstephan)

Sama seperti kebanyakan cabang olahraga beregu, softball juga harus menggunakan seragam tim. Setiap tim harus menggunakan seragam dengan warna dasar yang sama antara baju dan celana.

Biasanya menggunakan celana panjang dan kaos yang terdapat nomor dada dan nomor pinggung. Sedangkan wasit biasanya menggunakan seragam berwarna biru muda dan celana biru tua.

Baca Juga: 7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus Dikuasai

9. Masker

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi olahraga softball (pexels.com/pixabay)

Masker juga menjadi salah satu perlengkapan permainan softball yang tidak kalah penting. Masker softball biasanya terbuat dari besi yang dilapisi busa agar nyaman saat dipakai. Penggunaan masker untuk melindungi wajah dari risiko lemparan bola yang bisa mengenai wajah.

Baca Juga: Sejarah Softball di Dunia dan Tanah Air, Berasal dari Paman Sam 

10. Topi

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Siniilustrasi olahraga softball (pexels.com/pixabay)

Penggunaan topi dalam permainan softball bukanlah untuk fashion atau bergaya. Topi pada softball digunakan untuk meningkatkan fokus pemain dalam mengawasi bola. Sebab topi bisa melindungi wajah dari terik cahaya matahari yang bisa menyilaukan mata.

11. Aksesori bat

11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di SiniAnanda Arkan Khalik, atlet softball Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Perlengkapan permainan softball yang terakhir adalah aksesori pada bat atau tongkat pemukul. Sebenarnya benda ini tidak wajib dalam permainan softball. Biasanya aksesori terdapat pada bagian grip atau pegangan tongkat. Tujuannya agar menjadi pembeda antarpemain dan menjadi kenyamanan tersendiri bagi pemain tersebut.

Nah, demikianlah 11 perlengkapan permainan softball serta fungsi dan kegunaannya. Selain perlengkapan dalam permainan, kamu juga harus mengetahui ketentuan-ketentuan permainan seperti jumlah pemain dan lapangan softball. Simak selengkapnya di artikel IDN Times lainnya, ya.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Softball dan Penjelasan Gambarnya, Lengkap!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya