11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!

Bisa melatih otot hingga menambah tinggi

Permainan bola basket menjadi salah satu permainan sekaligus olahraga yang digemari banyak orang. Bola basket termasuk ke dalam permainan bola besar karena ukuran bola basket termasuk ke dalam bola yang paling besar jika dibandingkan dengan olahraga-olahraga lainnya. 

Olahraga bola basket juga bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta kesehatan tubuh, tapi dengan cara yang menyenangkan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan ketika kita bermain bola basket? Berikut ini merupakan 11 manfaat dari permainan bola basket.

1. Melatih serta menguatkan otot

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!Pixabay.com

Seperti yang telah diketahui, ketika bermain bola basket, seluruh tubuh akan ikut bekerja mulai dari tangan hingga kaki. Bagian-bagian tubuh yang bekerja secara terus menerus itu dapat melatih dan juga menguatkan otot. 

Baca Juga: 5 Perlengkapan Wasit Bola Basket, Catat!

2. Menjaga dan meningkatkan pertahanan tubuh

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!IDN Times/Hasudungan

Olahraga bola basket menjadi salah satu olahraga yang memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan pertahanan tubuh. Dalam permainan bola basket, dibutuhkan pemain yang mempunyai gerakan lincah, sehingga ketahanan tubuh akan terjaga dan terbangun.

3. Meningkatkan sistem imun

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!ilustrasi tim bola basket (unsplash.com/jesse orrico)

Untuk meningkatkan sistem imun, kamu bisa mencoba untuk melakukan olahraga bola basket. Sistem imun dapat ditingkatkan dengan aktivitas fisik, salah satunya dengan permainan bola basket. 

Olahraga ini mampu membantu tubuh untuk mencegah bakteri serta virus yang bersifat patogen. Bakteri dan virus ini dapat menyerang tubuh ketika sedang dalam keadaan lemah.

4. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!Indonesia Basketball League (IBL). (Dok. IBL).

Kerja sama yang baik antara anggota tubuh diperlukan dalam permainan bola basket, seperti tangan, kaki, serta mata. Jika kamu rutin melakukan permainan bola basket, maka kamu akan turut meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

5. Meningkatkan kemampuan motorik

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!ilustrasi permainan bola basket (pexel.com/rodnae-prod)

Kemampuan motorik adalah kemampuan yang berkaitan dengan gerak tubuh yang bisa ditingkatkan melalui latihan-latihan. Namun, permainan bola basket ternyata mampu untuk meningkatkan kemampuan motorik karena permainan bola basket akan membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Kamu dapat melakukan olahraga ini secara rutin agar kemampuan motorik meningkat dengan cepat.

6. Membentuk tubuh ideal

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!ilustrasi permainan bola basket (pexels.com/agent157)

Permainan olahraga juga akan membantu kamu untuk membakar lemak di tubuh karena permainan bola basket mengharuskan pemainnya menggerakan seluruh otot tubuh. Otot-otot tubuh akan terbentuk sempurna dan terlihat atletis. Karena ini juga berat badan pun dapat terjaga, tinggi badan akan bertambah, sehingga bentuk tubuh akan menjadi ideal.

7. Meninggikan badan

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!

Bagi yang familiar dengan olahraga bola basket, olahraga ini mempunyai beberapa gerakan dimana para pemainnya harus melakukan loncatan. Selain itu, bermain olahraga basket akan membuat otot kaki, tulang kaki, dan tulang belakang meregang serta memanjang, sehingga hal-hal ini akan mampu meninggikan badan. 

Baca Juga: Cara Menghitung Poin Bola Basket dan Contohnya, Penjelasan Lengkap

8. Menurunkan berat badan

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!ilustrasi permainan bola basket (pexels.com/multimediayreaccion)

Olahraga bola basket menjadi salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan karena olahraga ini juga dapat membakar kalori. Bermain bola basket selama satu pertandingan mampu membakar 700-750 kalori. Karena itu juga olahraga ini cocok untuk kamu yang hendak menurunkan berat badan sekaligus ingin membentuk badan yang ideal.

9. Terhindar dari osteoporosis

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!ilustrasi permainan bola basket (pexels.com/chuck)

Osteoporosis adalah suatu penyakit dimana tulang keropos yang mempunyai sifat khas berupa penurunan massa tulang dan disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat menimbulkan kerapuhan tulang. Kamu dapat menghindari penyakit ini jika bermain bola basket karena permainan ini akan membuat tulang-tulang dalam tubuh semakin kuat. 

10. Menjaga dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!ilustrasi permainan bola basket (pexels.com/captaintaha9)

Permainan ini melibatkan banyak kegiatan seperti lari, melompat, mengoper, dribbling, dan melempar bola. Hal-hal tersebut telah termasuk ke dalam latihan kardiovaskular yang efektif. Mampu melatih pernapasan yang optimal dan meningkatkan pasokan darah yang mengangkut oksigen ke seluruh otot tubuh.

Baca Juga: 12 Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Kamu Kuasai, Catat Ya

11. Menjadi atlet profesional

11 Manfaat Permainan Bola Basket, Olahraga yang Banyak Digemari!essentiallysports.com

Kamu dapat menjadi seorang atlet profesional jika kamu menekuni permainan bola basket. Jika kamu berlatih permainan ini dengan sungguh-sungguh dan secara rutin, kamu bisa menjadi atlet dan membawa nama bangsa di kancah internasional. Menjadi atlet pun akan mendapatkan bayaran sehingga kebutuhan finansial akan turut terpenuhi.

Dari banyaknya manfaat-manfaat yang akan didapatkan ketika bermain basket, kira-kira manfaat mana yang pernah kamu rasakan? Atau ada manfaat seperti apa yang hendak kamu dapatkan? Semoga bermanfaat, ya!

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya