5 Perlengkapan Karate yang Wajib Kamu Persiapkan

Bisa untuk meminimalisir cedera 

Karate merupakan seni beladiri asal Jepang yang telah berkembang di banyak negara, termasuk Indonesia. Karate banyak diikuti oleh masyarakat Indonesia karena selain seni beladiri, karate juga merupakan olahraga unggulan di Indonesia. 

Seni beladiri ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Sama seperti kebanyakan olahraga dan beladiri lain, karate juga memiliki perlengkapan tersendiri yang perlu dipersiapkan sebelum kamu memutuskan untuk berlatih karate. Tanpa perlengkapan ini, akan sedikit sulit untuk belajar karate.

Berikut ini lima perlengkapan karate yang perlu kamu siapkan sebelum latihan secara langsung. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga: 10 Teknik Dasar Karate yang Perlu Kamu Ketahui

1. Body protector

5 Perlengkapan Karate yang Wajib Kamu Persiapkanilustrasi body protector karate (blibli.com)

Beladiri erat kaitannya dengan gerakan-gerakan seperti pukulan serta tendangan. Jika kamu hendak berlatih karate, jangan lupa untuk menggunakan body protector.

Seperti namanya, body protector memiliki fungsi untuk melindungi tubuh sekaligus untuk menahan benturan pada area tubuh. Perlu diingat juga bahwa beberapa olahraga pun mempunyai body protector, jadi jangan sampai salah menggunakan body protector.

Body protector karate dengan olahraga lainnya memang sekilas terlihat mirip, yang membedakan adalah biasanya body protector karate lebih ringan ketika digunakan. Kamu juga bisa memilih variasi ukuran body protector mulai dari ukuran S hingga ukuran XL.

2. Face mask

5 Perlengkapan Karate yang Wajib Kamu Persiapkanilustrasi face mask karate (roninwear.fr)

Perlengkapan selanjutnya yaitu face mask. Face mask yang digunakan untuk beladiri karate tentu berbeda dengan face mask kebanyakan. Face mask yang dipakai untuk karate adalah face mask yang berguna untuk melindungi bagian wajah saat berlatih atau bertanding kumite.

Face mask ini perlu digunakan dalam bertanding, baik untuk pemula maupun senior. Face mask yang biasa digunakan adalah face mask berbahan polycarbonate yang tidak mudah pecah dan tidak kaku. Face mask juga tersedia dalam beberapa ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk wajah. 

3. Shin guard

5 Perlengkapan Karate yang Wajib Kamu Persiapkanilustrasi shin guard karate (shopee.co.id)

Dalam karate, perlengkapan lain yang biasa digunakan adalah shin guard. Shin guard atau pelindung tulang kering dan sepatu adalah perlengkapan yang digunakan untuk menghindari cedera pada kaki bagian bawah.

Baik untuk pertandingan olahraga ataupun beladiri, shin guard perlu dikenakan karena ketika berlatih atau bertanding, atlet akan rawan terkena benturan. Shin guard biasa dijual secara terpisah.

4. Hand protector

5 Perlengkapan Karate yang Wajib Kamu Persiapkanilustrasi hand protector karate (shopee.co.id)

Seperti namanya, peralatan ini berguna untuk melindungi tangan saat berlatih karate. Hand protector menjadi perlengkapan wajib untuk kamu yang akan berlatih karate. 

Kamu bisa mempersiapkan hand protector dengan bahan yang awet dan ringan untuk karate. Hand protector ini juga tersedia dalam beberapa ukuran.  

Baca Juga: 5 Perbedaan Karate dan Taekwondo, Serupa tapi Tak Sama

5. Gum shield

5 Perlengkapan Karate yang Wajib Kamu Persiapkanilustrasi gum shield karate (blibli.com)

Yang terakhir adalah gum shield. Gum shield atau pelindung gigi adalah perlengkapan yang perlu digunakan juga ketika berlatih atau bertanding dalam karate. 

Gum shield digunakan untuk melindungi gigi serta mulut saat melakukan olahraga fisik. Perlengkapan ini digunakan untuk mencegah terjadinya cedera pada bibir, gigi, dan mulut ketika terkena benturan keras.

Itulah lima perlengkapan utama yang perlu kamu siapkan sebelum berlatih karate. Masing-masing perlengkapan bisa kamu sesuaikan dengan ukuran tubuh agar kamu berlatih dalam keadaan yang nyaman.

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya