Comscore Tracker

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola Voli

Ada yang kamu kuasai?

Ada banyak teknik yang harus dikuasai ketika melakukan sebuah permainan olahraga, tidak terkecuali dalam permainan bola voli. Salah satu teknik yang harus kamu kuasai adalah pukulan dalam smash.

Smash adalah gerakan memukul bola dengan keras pada saat bola melambung di atas net dan harus segera dipukul. Tujuannya adalah agar tim lawan kehilangan blocking dan akan menjadi poin bagi tim yang melakukan smash dengan berhasil.

Ada banyak jenis pukulan smash dalam bola voli. Setiap pukulan berdasarkan dari umpan yang diberikan tim lawan.

Jika kamu bisa menguasai seluruhnya maka akan menjadi senjata ampuh untuk menaklukan lawan. Berikut IDN Times rangkum macam-macam pukulan dalam smash bola voli yang bisa kamu pelajari.

1. Open

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola VoliCabor Bola Voli Pasir (PB PON XX PAPUA/Muhamad Solihin)

Pukulan smash bola voli pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah open. Open smash merupakan smash yang normalnya dilakukan dengan ketinggian umpan lebih dari 2 meter.

Pemain bisa melakukan gerak awalan setelah bola lepas dari tangan pengumpan. Bola dipukul di puncak loncatan dengan jangkauan lengan yang tinggi.

2. Semi

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola VoliPemain tim bola voli pasir Sulawesi Selatan, Nani, sedang melakukan smash bola ke arah tim Nusa Tenggara Barat 1 dalam pertandingan di Lapangan Bola Voli Pasir Koya Yoso, Kota Jayapura, Senin 4 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Yustha Corithaca)

Pukulan smash selanjutnya yaitu semi. Di mana saat bola di-passing ke arah pengumpan, pemain harus mulai bergerak perlahan ke depan dengan langkah tetap maju ke arah pengumpan.

Saat mengumpan melempar bola setinggi 1 meter di atas net maka kamu bisa meloncat ke atas dan memukul bola ke arah bawah. Akhiri dengan posisi tubuh mengeper dan relaks.

Baca Juga: 5 Trik Melakukan Spike Tajam di Voli

3. Quick

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola VoliTim putra voli Jawa Barat berhasil merebut medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta di final PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tata Firza).

Bola cepat menjadi salah satu kesukaan bagi para pemain bola voli karena bola yang cepat memiliki kekuatan penuh. Namun, ada tantangan tersendiri saat bola dengan kecepatan tinggi yaitu sulitnya menebak arah datangnya bola.

Untuk melakukan smash ini, kamu harus bersiap dengan tangan siap memukul lalu lakukan pukulan dengan secepat-cepatnya. Pastikan untuk tetap menjaga kesimbangan badan saat melayang.

4. Straight

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola VoliTim putra voli Jawa Barat berhasil merebut medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta di final PON XX Papua 2021. (IDN Times/Tatat Firza).

Pukulan smash ini bisa menghasilkan kekuatan penuh. Sehingga akan menyebrang secara kuat menuju daerah lawan.

Saat melakukan pukulan smash ini, kamu harus melakukan awalan menuju arah luar lapangan. Ketika mendekat ke arah net kamu bisa melakukan lompatan lalu memukul bola dengan cepat.

5. Dummy

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola Voliilustrasi bermain voli (unsplash.com/Ildar Garifullin)

Dummy smash dilakukan saat hendak melakukan smash. Namun, pada waktu kontak dengan bola, bola tidak dipukul melainkan disentuh dengan jari tangan.

Lengan pemukul tetap bergerak dan dengan gerakan jari, pemain mengarahkan bola ke tempat yang tidak terjaga di tempat lawan. Bola dapat dilambungkan pendek atau panjang tergantung dengan situasi.

6. Drive

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola Voliinstagram.com/ebrarkarakurt18

Pukulan smash berikut ini dilakukan ketika bola berada pada posisi jauh dari net. Ketika melakukan loncatan, pemain yang akan melakukan smash berada dekat di bawah bola. Setelah itu, pukul bola di bawah lengan bahu bagian kanan.

Gerakan lecutan ini akan membuat bentuk seperti cekungan sendok. Setelah itu, lakukan cambukan keras dari arah belakang. Maka, bola bergerak secara tajam dan meluncur cepat.

7. Kijang

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola Voliinstagram.com/ebrarkarakurt18

Seperti kijang, pemain yang melakukan pukulan smash ini melakukan langkah panjang dan naik. Tidak lupa disertai tolakan loncatan menggunakan satu kaki, tangan kanan sebagai pemukul, menolak dengan kaki kiri.

Pukul bola ke arah bawah dengan kekuatan penuh. Akhiri dengan pendaratan posisi badan relaks dan kaki menekuk.

Baca Juga: 5 Atlet Voli Perempuan yang Paling Terkenal Saat ini

8. Double step

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola Voliilustrasi olahraga bola voli (insidethegames.biz)

Pukulan smash selanjutnya adalah dengan menggunakan gerak tipu. Pemain bisa melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan meloncat.

Tolakan pertama hanya berupa tipuan untuk mengecoh blocking permainan lawan. Barulah pada tolakan kedua, pemain melakukan loncatan dan melakukan serangan.

9. Step L

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola Voliilustrasi bermain bola voli (pexels.com/Jim De Ramos)

Pukulan smash ini hampir mirip dengan smash normal, namun dengan gerakan awal yang berbeda. Pemain yang akan melakukan smash perlu melangkah 3 kali membentuk huruf L.

Langkah pertama adalah melangkah ke depan. Lalu lanjutkan bergeser langkah ke samping sebelum tolakan, baru kemudian melompat naik untuk melakukan serangan.

10. Bola 3 Meter

10 Macam Pukulan Smash dalam Bola VoliAnnie Drews (www.instagram.com/adrews04)

Pukulan smash terakhir yang bisa kamu lakukan adalah bola 3 meter. Pukulan ini sering juga disebut back attack. Pukulan ini biasanya digunakan oleh pemukul belakang, dengan catatan harus dilakukan oleh pemain dengan postur tinggi. 

Demikian macam-macam smash pada permainan bola voli. Untuk menguasai salah satunya, kamu perlu latihan berulang-ulang dan usahakan bersama orang lain yang memposisikan diri sebagai lawan.

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya