5 Cara Melakukan Throw In dalam Permainan Sepak Bola

Cara throw in antimainstream ini perlu kamu coba!

Teknik throw in dalam permainan sepak bola sama pentingnya dengan teknik tendangan. Teknik yang satu ini harus dicermati karena throw in atau lemparan ke dalam dilakukan untuk mengembalikan bola ke lapangan permainan ketika bola keluar dari garis samping lapangan.

Terlihat mudah dilakukan, namun teknik lemparan ke dalam memiliki peran penting untuk berlangsungnya sebuah pertandingan. Cara melakukan throw in bisa dilakukan untuk menjaga penguasaan bola, melakukan serangan balik atau menyerang langsung ke pertahanan lawan untuk membuat gol.

Perlunya teknik yang tepat saat melakukan throw in agar pemain dapat memenangkan pertandingan. Berikut beberapa teknik throw in yang bisa kamu gunakan saat bermain sepak bola.

Baca Juga: 6 Aksi Pemain yang Akhirnya Mengubah Aturan Sepak Bola

1. Pegang bola dengan kedua tangan

5 Cara Melakukan Throw In dalam Permainan Sepak BolaBruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo. (mirror.co.uk)

Cara pertama melakukan throw in dalam pertandingan sepak bola ini cukup populer digunakan. Jika bola adalah jarum jam, maka tangan kanan berada di jam 3 dan tangan kiri pada jam 9.

Selanjutnya, jempol bisa digeser sehingga hampir menyentuh bagian belakang bola. Hal ini bisa membantu untuk memperoleh lebih banyak tenaga saat melemparkannya.

Hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu throw in dilakukan persis di titik keluarnya bola. Meski terkadang wasit mentolerir jika pemain melemparnya sedikit bergeser dari titik yang seharusnya.

2. Mengarahkan kaki menghadap lapangan

5 Cara Melakukan Throw In dalam Permainan Sepak BolaKieran Gibbs bersiap melakukan throw in (flickr.com/ Ronnie Macdonald)

Cara selanjutnya dalam melakukan throw in di pertandingan sepak bola adalah dengan mengarahkan kaki menghadap ke lapangan dengan ujung jari kaki berada di pinggir garis lapangan. Kedua kaki berada di belakang garis lapangan dan menyentuh tanah supaya lemparan ke dalam dianggap sah.

Setelah itu, buka kedua kaki dan arahkan ujung jari ke lapangan, serta atur badan sehingga mendapatkan kuda-kuda yang pas. Jika ingin mencoba melempar sambil berlari, kamu bisa berdiri beberapa meter di belakang garis sehingga bisa berlari tanpa melewati garis lapangan.

Pastikan kakimu tidak melewati garis lapangan saat melempar bola ke dalam. Jika terlewat maka lemparan tersebut tidak sah dan bola akan diberikan ke tim lawan.

Baca Juga: 4 Teknik Tendangan Sepak Bola, Biar Kamu Jadi Lebih Jago

3. Posisi bola di belakang kepala

5 Cara Melakukan Throw In dalam Permainan Sepak BolaTrent Alexander-Arnold bersiap melakukan throw in (liverpoolfc.com)

Cara ini cukup efektif dalam teknik throw in, caranya dengan mengangkat bola di atas dan melewati kepala. Hal ini dilakukan agar lemparan bola ke dalam lapangan dianggap sah. Lemparan dianggap tidak sah jika bola dilempar tepat di depan dahi atau lebih ke depan lagi.

4. Lempar bola dengan menghentakkan pergelangan tangan

5 Cara Melakukan Throw In dalam Permainan Sepak Bolaseorang pesepak bola melakukan throw in (football-stadiums.co.uk)

Cara selanjutnya yaitu melepaskan bola ke depan dengan menghentakkan pergelangan tangan. Ayunkan lengan ke atas dan ke depan sehingga bola bergerak persis di atas kepala.

Di saat yang sama, lentingkan punggung yang dilengkungkan ke depan dengan gaya pegas, jika cara ini dilakukan sambil berlari seret jari kaki belakang di tanah. Luruskan lengan sepenuhnya dan lepaskan dengan kencang sehingga lemparan bola akan lebih jauh.

5. Lengkungkan punggung

5 Cara Melakukan Throw In dalam Permainan Sepak Bolaseorang pesepakbola melakukan throw in (thefalse9.com)

Cara melakukan throw in dalam permainan sepak bola selanjutnya adalah lengkungkan punggung ketika akan melakukan lemparan. Banyak pemain bola profesional yang mencoba melempar hanya menggunakan tangan, tetapi membuat lemparan tidak bertenaga. Sebagian kekuatan lemparan harus berasal dari bahu dan punggung serta momentum dari start lari.

Sudah tahu bagaimana cara melakukan throw in dalam permainan sepak bola yang benar, sekarang giliran kamu mempraktikkannya. Jangan lupa pemanasan lebih dulu, ya.

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya