Teknik Smash dalam Bulu Tangkis yang Wajib Dikuasai, Siap Cetak Poin?

Ada 2 teknik smash yang bisa kamu terapkan

Smash dalam bulu tangkis adalah pukulan yang dilakukan dengan sekuat tenaga dari posisi atas dan menukik diarahkan ke posisi bawah lawan. Pukulan smash ini disebut juga sebagai pukulan menyerang karena bertujuan untuk mematikan serangan lawan.

Teknik smash ini merupakan pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulu tangkis untuk mendapatkan poin. Teknik smash dalam bulu tangkis membutuhkan kekuatan otot kaki, bahu, lengan serta pergelangan tangan dengan gerak tubuh yang harmonis.

Karakteristik smash yang keras dan shuttlecock yang cepat mendarat ke lantai. Ada dua jenis teknik smash dalam bulu tangkis yang sudah dirangkum IDN Times untukmu.

Baca Juga: 5 Teknik Pukulan dalam Bulu Tangkis yang Wajib Dikuasai, Apa Saja?

1. Forehand smash

Teknik Smash dalam Bulu Tangkis yang Wajib Dikuasai, Siap Cetak Poin?Pertandingan atlet para badminton (npcindonesia.id/admin)

Teknik smash dalam bulu tangkis yang pertama adalah teknik forehand smash, yaitu smash dengan menggunakan daun raket bagian depan. Untuk melakukan teknik smash ini, kamu bisa melakukan dengan cara berikut ini:

1. Memfokuskan pandangan mengarah ke wilayah permainan lawan

2. Posisikan tubuh berdiri menyamping dengan posisi sisi raket tidak menghadap ke net atau jaring

3. Berat badan dipindahkan ke kaki yang berada di belakang. Perhatikan agar siku tangan ditekuk dan bersiap untuk melakukan forehand smash

4. Shuttlecock dipukul pada posisi setinggi mungkin sambil mengayunkan tangan ke depan dengan penuh tenaga

5. Agar lebih bertenaga, luruskan siku tangan saat memukul shuttlecock lalu arahkan pergelangan tangan ke arah bawah untuk memberi tenaga lebih saat memukul shuttlecock

2. Backhand smash

Teknik Smash dalam Bulu Tangkis yang Wajib Dikuasai, Siap Cetak Poin?All England 2020: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke semifinal (IDN Times/PBSI)

Teknik backhand smash adalah pukulan smash dengan menggunakan raket bagian belakang sebagai alat pemukul. Pada saat memukul smash dengan cara ini, kamu perlu memposisikan tubuh membelakangi net.

Untuk melakukan teknik ini kamu bisa melakukannya dengan cara berikut:

1. Pindahkan berat badan ke kaki yang sama dengan posisi tangan sewaktu memegang raket. Jika memegang raket dengan tangan kanan maka pindahkan berat badan ke kaki kanan begitu pula sebaliknya

2. Shuttlecock harus dipukul saat dalam posisi setinggi mungkin dengan mengandalkan kekuatan pergelangan tangan guna memberi tenaga lebih saat memukul

Baca Juga: 9 Atlet Bulu Tangkis Putra dengan Smash Terkencang, Ada Daniel Marthin

Dengan mengetahui lebih dulu teknik smash bulu tangkis, kamu pun lebih siap mencetak poin kemenangan saat bermain. Jangan lupa pemanasan lebih dulu sebelum mempraktikkannya, ya.

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rochmanudin
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya