Simbol Garuda Bakal Dibawa Tim Indonesia ke Asian Games 2022

Official jersey Tim Indonesia resmi diluncurkan

Jakarta, IDN Times - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) resmi meluncurkan official jersey yang akan dikenakan Tim Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Peluncuran diadakan tepat pada Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang diperingati pada 9 September 2023.

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengatakan, filosofi yang dibawa dalam desain kali ini adalah semangat kekuatan dan keberanian yang tercemin dalam mozaik burung Garuda.

Baca Juga: Buka Haornas 2023, Prabowo: Bangsa Kita Harus Jadi Pemenang!

1. Simbol Garuda dibawa ke Hangzhou

Simbol Garuda Bakal Dibawa Tim Indonesia ke Asian Games 2022Jersey baru Tim Indonesia yang akan dibawa ke Asian Games 2022. (dok. NOC Indonesia)

Okto berharap, semangat tersebut dapat dibawa oleh Tim Indonesia yang berlaga di Asia Games Hangzhou yang akan dibuka pada 23 September-8 Oktober mendatang.

"Simbol Garuda adalah simbol negara yang membuat perkasa. Membuat kita (terbang) semakin tinggi dan para atlet jangan ragu menargetkan emas. Kami percaya bahwa prestasi atlet tak lepas dari doa dan kekuatan spiritual mereka selama berlatih maupun bertanding," kata Okto, dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: Atlet Rusia dan Belarus Batal Tampil di Asian Games 2022

2. Tim Indonesia untuk Asian Games akan dipimpin Menteri PUPR

Simbol Garuda Bakal Dibawa Tim Indonesia ke Asian Games 2022Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebagai informasi, Tim Indonesia adalah ikon milik Komite Olimpiade Indonesia yang dibuat sebagai branding Kontingen yang tampil di multicabang olahraga regional, kontinental, dan dunia.

Tim Indonesia merepresentasikan atlet-atlet elite yang berjuang membawa Merah Putih di kancah internasional.

Tim Indonesia untuk Asian Games akan dipimpin oleh Chef de Mission (CdM), Basuki Hadimuljono. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu akan memimpin kontingen berkekuatan 415 atlet yang akan berjuang di 31 cabang olahraga.

CdM Basuki yakin jersey yang akan dikenakan Tim Indonesia nanti akan membuat para atlet terpacu meraih prestasi tertinggi.

"Di bidang olah raga kita mesti pede betul agar kita bisa lebih baik ketimbang sebelumnya. Tugas saya membawa kontingen saya ke sana. Kontingen Indonesia sudah siap dan ada beberapa yang sudah berangkat ke sana," ucap Basuki.

Baca Juga: Atlet Indonesia Turun di 31 Cabor Asian Games 2022

3. Jersey baru bisa membawa semangat baru

Simbol Garuda Bakal Dibawa Tim Indonesia ke Asian Games 2022Menpora RI, Dito Ariotedjo tiba di kantor Kemenpora RI, Senin (3/4/2023). (IDN Times/Tino Satrio)

Hal senada diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Dito Ariotedjo. Ia berharap jersey teranyar ini bisa membawa semangat baru dalam meraih prestasi.

“Kami support agar Asian Games kita bisa meraih prestasi yang baik," kata Dito.

Tim Indonesia untuk Asian Games Hangzhou mendapat dukungan dari official partners, yaitu Wall's Ice Cream, Li-Ning, MyTours,  NusaPay, Gudang Kripto, Bagasi, Pocari Sweat, dan Essenza.

Baca Juga: Indonesia Targetkan Tembus 12 Besar di Asian Games 2022 Hangzhou

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya