5 Pesepak Bola Hebat yang Memiliki Masa Keemasan Singkat

Penghargaan Ballon d'Or tidak menjadi tolok ukur

Pemain sepak bola hebat akan selalu dikenal ketika dia mampu meraih berbagai prestasi dan skill olah bola di atas rata-rata. Namun, sangat disayangkan ketika kemampuannya perlahan menurun dalam kurun waktu yang singkat.

Banyak faktor yang menjadi batu sandungan para pemain untuk tetap konsisten menjaga kestabilan permainannya. Dari rentetan cedera yang di alami ataupun kehilangan motivasi bermain ketika gagal adaptasi di klub barunya. Bahkan, gelar Ballon d'Or pun tak menjamin seorang pemain bisa sukses dalam kurun waktu lama.

Berikut ini lima pemain terbaik yang memiliki masa keemasan yang singkat.

1. Ronaldinho

5 Pesepak Bola Hebat yang Memiliki Masa Keemasan Singkatpotret Ronaldinho (instagram.com/Ronaldinho)

Ronaldinho dikenal sebagai pemain yang memiliki skill luar biasa. Dari cara dribbling bola, tendangan bebas, menciptakan assist, hingga cara mencetak gol. Banyak pemain bintang yang mengakui kehebatannya, dari Neymar hingga Lionel Messi.


Masa keemasannya pada tahun 2004 hingga 2007 ketika masih berseragam Barcelona. Pada saat itu Ronaldinho berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 2005. Kemunculan mega bintang Lionel Messi mengharuskan ia harus pindah ke AC Milan pada 2008 hingga ia harus kembali ke klub Brazil pada tahun 2011.

2. Ricardo Kaka

5 Pesepak Bola Hebat yang Memiliki Masa Keemasan Singkatpotret Ricardo Kaka (instagram.com/Kaka)

Kisah manis Ricardo Kaka terbilang cukup singkat. Dia memenangkan gelar Ballon d'Or ketika masih berseragam AC Milan pada tahun 2007. Namun pada tahun 2009 ia menyepakati kontrak untuk bekerjasama dengan Real Madrid yang berdurasi empat tahun. 

Faktor utama yang membuat performanya menurun adalah rentetan cedera. Hal itu membuat tempatnya di tim utama tergantikan oleh pemain lain. Tercatat, Kaka hanya tampil sebanyak 85 dengan raihan 23 gol. Akhirnya AC Milan menampungnya kemabali setelah kontraknya berakhir.

Baca Juga: 5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021

3. Michael Owen

5 Pesepak Bola Hebat yang Memiliki Masa Keemasan Singkatpotret Michael Owen (goal.com)

Pemain peraih penghargaan Ballon d'Or tahun 2001, Michael Owen. Memiliki masa keemasan pada 1998 hingga 2003 saat berseragam Liverpool. Bersama Liverpool ia mampu mengoleksi 158 gol dari 297 di semua kompetisi.


Sayangnya kariernya meredup pada tahun 2004 setelah memutuskan untuk bergabung dengan raksasa Spanyol, Real Madrid. Michael Owen hanya bertahan semusim di Madrid sebelumnya akhirnya kembali ke Inggris. Cedera menjadi salah satu alasan utama ia gagal bersaing di Real Madrid.

4. Fernando Torres

5 Pesepak Bola Hebat yang Memiliki Masa Keemasan Singkatpotret Fernando Torres (instagram.com/Fernandotorres)

Fernando Torres merupakan termasuk striker top dunia pada tahun 2008 hingga 2010 saat masih bermain untuk Liverpool. Terbukti dia mampu mengawinkan gelar Juara Piala Eropa 2008 dan gelar Juara Dunia 2010 di level internasional bersama La Furia Roja, Spanyol.


Entah mengapa ia memutuskan bergabung dengan Chelsea FC pada tahun 2011. Di Chelsea ia hanya mencetak 20 gol dari 110 penampilan. Dan akhirnya dia dilepas secara gratis ke klub pertamanya, Atletico Madrid setelah beberapa kali dipinjamkan ke klub lain.

5. Wesley Sneijder

5 Pesepak Bola Hebat yang Memiliki Masa Keemasan Singkatpotret Wesley Sneijder (instagram.com/WesleySneijder)

Mantan pemain Inter Milan tahun 2009-2013, Wesley Sneijder. Sempat gagal bersinar ketika berseragam Real Madrid, ia menjadi pemain kunci Inter Milan. Bermain untuk Inter Milan ia berhasil meraih Treble Winner pada musim 2009-2010. Dan pada tahun 2010 ia juga berhasil mengantarkan negaranya ke putaran Final Piala Dunia di Afrika Selatan.

Setelah tahun 2010 itu, perlahan kariernya mengalami penurunan. Sneijder memilih hengkang dari Inter Milan pada tahun 2013 dan  pindah ke klub Turki, Galatasaray. Tak mampu menemukan ritme permainanya kembali, ia akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2020.

Itulah lima pemain hebat yang memeliki masa keemasan yang cukup singkat. Memang sangat disayangkan, tetapi inilah sepakbola yang memiliki persaingan yang sangat ketat. Bagaimana menurut kalian?

Baca Juga: 5 Rekor Premier League yang Berhasil Dipecahkan Mohamed Salah, Epik!

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya