Jokowi Tutup Peparnas di Papua Hari Ini

Jokowi terbang ke Papua usai kunker di NTB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak ke Papua pada Sabtu (13/11/2021). Dalam kunjungannya, Jokowi diagendakan untuk menutup perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua  2021.

Keberangkatan Jokowi dilakukan usai melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Di NTB, Jokowi menjajal sekaligus meresmikan Sirkuit Mandalika.

1. Jokowi diagendakan juga menonton sejumlah pertandingan di Papua

Jokowi Tutup Peparnas di Papua Hari IniKontingen Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti defile upacara pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Pembukaan Peparnas Papua tersebut bertemakan "Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua". ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.

Di Papua, Jokowi diagendakan akan menyaksikan sejumlah pertandingan yang tengah berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Trikora dan GOR Cendrawasih, Kota Jayapura. Kemudian, pada malam harinya, dia akan secara resmi menutup Peparnas XVI, di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

"Presiden akan bermalam di Kota Jayapura, sebelum kembali ke Jakarta, pada keesokan harinya," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga: Aksi Jokowi Bak Pembalap MotoGP saat Jajal Sirkuit Mandalika

2. Jokowi tanam pohon kayu putih bareng warga di NTB

Jokowi Tutup Peparnas di Papua Hari IniPresiden Jokowi tanam mangrove di Pulau Al Jubail, Abu Dhabi, UEA. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kunjungan kerja Jokowi ke Papua dilakukan setelah kunjungan ke NTB. Hari pertama di NTB, Jokowi telah meresmikan Sirkuit Mandalika dan menjajalnya langsung.

Pada hari kedua di NTB, Jokowi mengawali kunjungannya dengan menanam pohon kayu putih bersama masyarakat. Kegiatan tersebut digelar di Kawasan Hutan Gunung Pepe Kelompok Hutan Mareje Bonga dan Gunung Pepe RTK 13 Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

"Setelahnya, Presiden Jokowi bersama rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, untuk bertolak menuju Provinsi Papua. Presiden akan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.30 WITA," lanjut keterangan Sekretariat Presiden.

3. Jokowi ke Papua didampingi Bahlil hingga Angkie Yudistia

Jokowi Tutup Peparnas di Papua Hari IniPresiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kunjungannya hari ini, orang nomor satu di Indonesia tersebut juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Ada juga perangkat Istana yang turut mendampingi yakni Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Baca Juga: Reksi Sudarno Coba Buka Jalan ke Pelatnas Lewat Peparnas 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya