Pemerintah Jamin Posisi Shin Tae Yong Aman di Timnas Indonesia

Menpora tetap apresiasi Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mendukung Shin Tae Yong untuk dipertahankan. Zainudin berharap PSSI bisa mempertahankan Shin Tae Yong terlepas dari hasil akhir Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

"Shin Tae Yong dikontrak PSSI untuk Piala Dunia U-20 di 2023. Saya lihat, dia akan dipertahankan, tidak ada perubahan apapun hasil final ini. Dia tetap dipertahankan. Pemerintah dukung putusan PSSI," kata Zainudin di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (30/12/2021).

1. Thailand beda kelas

Pemerintah Jamin Posisi Shin Tae Yong Aman di Timnas IndonesiaMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali saat jumpa pers Soprema. Dok: istimewajumpa pers Soprema. Dok: istimewa

Zainudin melayangkan apresiasinya kepada skuad Indonesia. Bagi Zainudin, perjuangan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan begitu luar biasa, dari tak diperhitungkan hingga mampu melaju ke final.

"Thailand memang punya peringkat yang lebih tinggi ketimbang Indonesia di FIFA. Mereka mayoritas pemain muda yang disiapkan untuk SEA Games dan harus menghadapi Thailand, tim yang sudah jadi, kaya pengalaman dan sebagainya," jelas Zainudin.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Indonesia Dibantai Thailand di Final Leg 1 Piala AFF

2. Timnas Indonesia sudah kerja keras

Pemerintah Jamin Posisi Shin Tae Yong Aman di Timnas IndonesiaEvan Dimas dan Irfan Jaya merayakan gol Indonesia di Piala AFF / PSSI

Zainudin mengapresiasi perjuangan para pemain Indonesia. Meski tertekan, Zainudin merasa Indonesia bisa memberikan perlawanan yang ketat.

Tapi, dampak dari gol cepat Thailand, begitu besar buat Indonesia. Karena gol tersebut, Indonesia benar-benar terpukul.

"Itu kan membuat orang kaget, kok tiba-tiba kemasukan. Itu yang membuat tertekan," ucapnya.

3. Indonesia kalah dari Thailand 4-0

Pemerintah Jamin Posisi Shin Tae Yong Aman di Timnas IndonesiaSingapura punya modal bagus untuk bisa menyulitkan timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2020. (fas.org.sg)

Indonesia memang meraih hasil minor dalam laga final leg 1 Piala AFF 2020 melawan Thailand di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) malam, skuad Garuda tumbang dengan skor 0-4.

Indonesia sejatinya masih bisa mengejar ketertinggalan dan menjadi juara Piala AFF 2020 di leg 2. Syaratnya, mereka harus mencetak minimal lima gol ke gawang Thailand.

Jelas, mengejar selisih empat gol, apalagi lawannya Thailand, adalah misi yang sulit. Namun, setidaknya di leg kedua nanti, Indonesia bisa memeragakan permainan yang lebih baik.

Baca Juga: [BREAKING] Shin Tae Yong Tak Sangka Timnas Indonesia Dibantai Thailand

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya