5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur Termuda

Pemenang turnamen kandidat termuda sepanjang sejarah

Gukesh Dommaraju, pecatur berumur 17 tahun asal India, baru saja menjadi juara Turnamen Kandidat 2024 pada, Minggu (21/4/2024). Gukesh mencetak poin sebesar 9 dari 14 dengan memenangi 5 pertandingan. Kemenangan ini membawa Gukesh menuju kejuaraan dunia catur sekaligus menjadi calon juara dunia termuda sepanjang sejarah.

Gukesh Dommaraju akan menjadi penantang baru dalam kejuaraan catur dunia atau dikenal dengan Fide World Championship. Pecatur asal India ini akan menantang Ding Liren, sang juara dunia 2022. Yuk, simak beberapa fakta menarik berikut supaya kamu bisa lebih mengenali sosok brilian dalam diri Gukesh Dommaraju!

1. Juara turnamen kandidat termuda sepanjang sejarah

5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur Termudapotret Gukesh Dommaraju di Turnamen Kandidat (commons.wikimedia.org)

Gukesh Dommaraju telah mencatatkan diri dalam sejarah sebagai juara Turnamen Kandidat FIDE termuda yang pernah ada. Sebelumnya, juara turnamen kandidat termuda dipegang oleh Garry Kasparov pada 1983 dengan usianya yang masih 20 tahun. Gukesh yang baru berusia 17 tahun berhasil memecahkan rekor yang telah bertahan selama puluhan tahun.

Gukesh masuk ke kualifikasi turnamen kandidat karena menjadi peringkat teratas pada 2023 FIDE Circuit. Pada akhirnya, Gukesh berhasil mendapatkan skor 9 dari 14 dengan 5 kali kemenangan. Di turnamen ini, Ia hanya kalah satu kali saat melawan Alireza Firouzja, pecatur asal Prancis.

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif dari Grandmaster Catur, Bikin Semangat!

2. Menjadi grandmaster di usia 12 tahun

5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur Termudapotret Gukesh saat masih 12 tahun (commons.wikimedia.org)

Gukesh Dommaraju adalah grandmaster termuda ketiga sepanjang sejarah. Gukesh mendapatkan gelar grandmaster pada 15 Januari 2019 saat masih berusia 12 tahun dan 7 bulan. Dia meraih gelar tersebut pada 17th Delhi International Chess Grandmaster Open. Perjalanan Gukesh menuju gelar grandmaster dimulai ketika dia belajar catur pada usia 7 tahun.

Gukesh awalnya dibimbing oleh pelatih di sekolah yang merupakan bagian dari grup sekolah Velammal di Chennai. Gukesh dengan cepat menjadi pemain berperingkat FIDE hanya dalam 6 bulan setelah memelajari permainan. Kemenangan pertamanya di tingkat internasional datang ketika dia memenangi kategori di bawah 9 tahun pada Kejuaraan Catur Sekolah Asia 2015.

3. Pernah mengalahkan ketiga peringkat tertinggi di FIDE

5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur TermudaPotret Magnus Carlsen (commons.wikimedia.org)

Tiga peringkat teratas di ranking FIDE adalah Magnus Carlsen, Fabiano Caruana, dan Hikaru Nakamura. Ketiga pemain tersebut ternyata pernah dikalahkan oleh Gukesh Dommaraju. Pada tanggal 16 Oktober 2022, Gukesh berhasil mengalahkan Magnus Carlsen di babak kesembilan turnamen Aimchess Rapid.

Gukesh juga sempat mengalahkan Fabiano Caruana selama Olimpide Catur di Chennai pada 2022. Selain itu, Gukesh juga berhasil mengalahkan Fabiano serta Hikaru di turnamen kandidat tahun 2024 ini. Deretan kemenangan ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi Gukesh yang masih sangat muda.

4. Sering bermain dengan Queen's Pawn Game

5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur TermudaQueen's Pawn Game (chess.com)

Gukesh Dommaraju dikenal sering menggunakan Queen’s Pawn Game dalam permainannya. Pembukaan populer ini dimulai dengan putih melangkahkan pion ke d4 dan bisa dilanjutkan dengan banyak variasi pembukaan. Pembukaan ini bisa dilanjutkan menjadi Queen's Gambit, London System, Torre Attack, dan masih banyak lagi.

Dalam Turnamen Kandidat FIDE 2024, Gukesh menggunakan Queen’s Pawn Game untuk mengamankan posisi menguntungkan melawan beberapa pemain terbaik di dunia. Dengan Queen’s Pawn Game, ia kerap berhasil membangun posisi yang kuat dan menekan lawannya sejak awal permainan. Perpaduan teori dan strategi permainan tengah yang baik merupakan salah satu bekal kekuatan utama Gukesh.

5. Dibimbing oleh mantan juara dunia catur

5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur TermudaViswanathan Anand (commons.wikimedia.org)

Gukesh Dommaraju mendapatkan bimbingan dari salah satu legenda catur dunia, Viswanathan Anand. Anand merupakan mantan juara dunia catur 2007 dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik India. Melalui mentorship di WestBridge Anand Chess Academy di Chennai, India, Anand telah membantu Gukesh memoles tekniknya hingga mengembangkan strategi permainan.

Sebagai sesama pecatur asal India, Anand menjadi contoh nyata yang bisa menginspirasi Gukesh untuk menjadi juara dunia. Anand dikenal dengan gaya permainannya yang inovatif dan strategi yang tajam menjadi mentor yang ideal bagi Gukesh. Hal itu bisa dilihat dari perkembangan Gukesh yang sangat pesat. 

Gukesh Dommaraju telah membuktikan dirinya sebagai salah satu grandmaster muda yang mampu bersaing di kejuaraan dunia. Pertandingannya dengan Ding Liren akan menjadi penentuan, apakah Gukesh layak menjadi juara dunia catur pada tahun ini atau belum. Kehadiran Gukesh Dommaraju di panggung tertinggi bisa menjadi inspirasi bagi pecinta catur di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Kemampuan Diri yang Bisa Diasah dari Permainan Catur, Fokus!

Theodore Siagian Photo Verified Writer Theodore Siagian

ig : tmarvell_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya