5 Grandmaster Catur dengan Rating Tertinggi per Mei 2024

Belum ada yang bisa menjatuhkan posisi Magnus Carlsen

Dunia catur terus berkembang dengan banyaknya turnamen internasional maupun nasional. Para grandmaster bersaing dan terus mengalami perubahan rating setiap kali mengalami kemenangan maupun kekalahan. Rating tersebut dihitung oleh badan organisasi catur bernama Fédération Internationale des Échecs atau FIDE.

FIDE merupakan federasi internasional catur yang menaungi pertandingan internasional, regulasi, dan hal lain yang berhubungan dengan catur di setiap negara. Semua rating pecatur yang memiliki gelar akan dicatat oleh FIDE dan diperbaharui setiap bulan. Berikut sepuluh grandmaster yang menempati ranking tertinggi berdasarkan perolehan rating per Mei 2024.

1. Magnus Carlsen

5 Grandmaster Catur dengan Rating Tertinggi per Mei 2024Potret Magnus Carlsen (commons.wikimedia.org)

Magnus Carlsen adalah grandmaster catur asal Norwegia yang sering dijuluki sebagai pemain terhebat sepanjang masa. Pada Mei 2024, Magnus tercatat menjadi posisi pertama dengan rating tertinggi sebesar 2830. Rating ini merupakan hasil dari konsistensi performanya yang mengagumkan di berbagai turnamen dan pertandingan.

Magnus pernah mencapai rating tertinggi dalam sejarah catur dengan rating sebesar 2882 pada 2014. Ia juga memiliki rekor tak terkalahkan terpanjang dalam permainan catur klasik, dengan 125 pertandingan dari 31 Juli 2018 hingga 10 Oktober 2020. Dengan serangkaian prestasi yang Magnus miliki, dia memantapkan posisinya sebagai pemain nomor satu saat ini.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Gukesh Dommaraju, Calon Juara Dunia Catur Termuda

2. Fabiano Caruana

5 Grandmaster Catur dengan Rating Tertinggi per Mei 2024Fabiano Caruana (commons.wikimedia.org)

Fabiano Caruana merupakan grandmaster catur yang berasal dari Amerika Serikat. Saat ini, dia menyentuh posisi dua dunia dengan rating sebesar 2805. Lahir pada tanggal 30 Juli 1992 di Miami, Florida, Caruana memiliki latar belakang Italia-Amerika dan telah mewakili kedua negara tersebut dalam kompetisi internasional.

Caruana telah mencapai banyak prestasi yang mengagumkan selama kariernya, termasuk memegang rating tertinggi ketiga sepanjang masa dengan rating sebesar 2844. Dia juga dikenal karena menjadi salah satu pemain yang tidak pernah kalah dalam permainan catur klasik melawan Magnus Carlsen. Turnamen terakhir yang dia ikuti adalah FIDE Grand Swiss 2023, di mana dia belum berhasil keluar sebagai penantang juara dunia.

3. Hikaru Nakamura

5 Grandmaster Catur dengan Rating Tertinggi per Mei 2024Hikaru Nakamura (commons.wikimedia.org)

Hikaru Nakamura merupakan pemain catur sekaligus chess streamer populer di Twitch dan YouTube. Dia menjadi master catur termuda di Amerika pada usia 10 tahun dan grandmaster termuda pada usia 15 tahun. Pada Mei 2024, Hikaru menempati posisi ketiga di FIDE dengan rating sebesar 2815.

Dengan kemenangan di berbagai turnamen bergengsi seperti Kejuaraan Catur AS dan Tata Steel Chess Tournament, Hikaru telah menetapkan dirinya sebagai salah satu pemain catur terkemuka di era modern. Turnamen terakhir yang diikutinya adalah FIDE Candidates Chess Tournament 2024, di mana ia berkompetisi untuk mendapatkan kesempatan bertanding di Kejuaraan Dunia Catur. Akan tetapi, Hikaru berakhir menempati posisi ketiga dan belum berhasil menjadi pemenang.

4. Ian Nepomniachtchi

5 Grandmaster Catur dengan Rating Tertinggi per Mei 2024Ian Nepomniachtchi (commons.wikimedia.org)

Ian Nepomniachtchi merupakan grandmaster catur asal Rusia yang menjadi runner-up saat Kejuaraan Dunia 2023. Ian menempati posisi keempat dunia dengan rating FIDE sebesar 2789. Nepomniachtchi telah mencapai banyak prestasi yang mengagumkan selama kariernya, termasuk memenangkan Tal Memorial pada 2016 dan Aeroflot Open pada tahun 2008 dan 2015.

Ian juga memenangkan Kejuaraan Catur Tim Dunia sebagai anggota tim Rusia di Antalya dan Astana. Tahun lalu Ian bertemu Ding Liren di perebutan gelar juara dunia catur 2023 meski Ian belum berhasil keluar sebagai juara dunia. Ambisi Ian menjadi juara dunia juga masih tertunda karnea kekalahannya di Turnamen Kandidat 2024.

5. Nodirbek Abdusattorov

5 Grandmaster Catur dengan Rating Tertinggi per Mei 2024Nodirbek Abdusattorov (commons.wikimedia.org)

Nodirbek Abdusattorov adalah grandmaster catur asal Uzbekistan yang telah menarik perhatian dunia dengan prestasi yang luar biasa di usia muda. Lahir pada 18 September 2004 di Tashkent, Uzbekistan, Abdusattorov menjadi grandmaster pada usia 13 tahun. Di usianya yang ke-20, Abdusattorov berhasil menempati urutan kelima dunia dengan rating sebesar 2766.

Abdusattorov menjadi pemenang di Kejuaraan Catur Cepat Dunia 2021, di mana ia mengalahkan pemain-pemain top termasuk Magnus Carlsen dan menjadi juara dunia catur cepat termuda dalam sejarah. Pada 2022, ia bermain di papan pertama untuk Uzbekistan di Olimpiade Catur ke-44 dan mendapatkan mendali emas untuk tim-nya. Turnamen terakhir yang diikutinya adalah Prague Masters 2024, di mana ia memenangi turnamen dengan satu putaran tersisa.

Melalui serangkaian turnamen dan pertandingan, kelima grandmaster ini menempati posisi teratas di ranking FIDE. Dengan perolehan rating yang bisa berubah tiap pertandingan, posisi ini akan terus berubah seiring waktu. Menarik untuk dinantikan bagaimana posisi ini dapat berubah atau bertahan di bulan-bulan selanjutnya.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Chess Boxing, Perpaduan Olahraga Tinju dan Catur

Theodore Siagian Photo Verified Writer Theodore Siagian

ig : tmarvell_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya