3 Pembukaan Gambit Populer dalam Catur, Dikorbankan dengan Tujuan

Mengorbankan bidak demi keuntungan tersendiri

Catur menjadi salah satu permainan yang memiliki banyak strategi. Salah satu strategi dalam catur adalah gambit atau pengorbanan. Biasanya, pion menjadi bidak yang paling sering dikorbankan untuk beberapa tujuan tertentu.

Tujuan dari gambit tentunya beragam dan memiliki risikonya masing-masing. Gambit umumnya terjadi pada pembukaan. Simak sederet pembukaan gambit yang paling sering digunakan dalam permainan catur berikut, ya!

1. King's Gambit atau pengorbanan pion di sisi raja

3 Pembukaan Gambit Populer dalam Catur, Dikorbankan dengan Tujuanpembukaan king's gambit (chessable.com)

King's Gambit adalah salah satu pembukaan tertua sejak abad ke-19. Ia menjadi pembukaan gambit yang paling agresif dalam catur. Pembukaan ini yang dimulai dengan langkah 1.e4 e5 dan 2. f4. Dalam langkah kedua, pemain putih mengorbankan pion f4 untuk mengganggu pertahanan lawan dan membuka jalur bagi serangan lebih lanjut.

Terdapat dua opsi, antara musuh menerima gambit dengan langkah exf4 atau musuh menolak gambit. Keuntungan dari gambit yang diterima adalah posisi putih yang lebih menguasa pusat papan. Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati karena langkah ini membuat kamu sudah rugi satu materi di awal permainan.

Baca Juga: 5 Manfaat Tersembunyi dari Olahraga Catur bagi Kesehatan

2. Bermain posisional dengan pembukaan Queen's Gambit

3 Pembukaan Gambit Populer dalam Catur, Dikorbankan dengan Tujuanpembukaan Queen's Gambit (chessable.com)

Nama Queen’s Gambit berasal dari pengorbanan pion di sisi ratu yang dilakukan oleh pemain putih pada awal permainan. Dalam pembukaan ini, pemain putih mengorbankan pion c4 untuk mengendalikan pusat papan dan mempersiapkan serangan lebih lanjut. Queen’s Gambit menekankan pada posisi dan kontrol papan. Ia sering digunakan oleh pemain yang memiliki karakter bermain yang posisional.

Queen's Gambit dimulai dengan langkah awal 1. d4 d5 dan dilanjutkan dengan c4. Pemain putih mengorbankan pion c4 untuk mengganggu pertahanan lawan dan menciptakan peluang serangan. Sama seperti King's Gambit, pembukaan ini juga harus berhati-hati karena kita sudah kehilangan 1 materi.

3. Mengembangkan perwira lebih cepat dengan pembukaan Greco Gambit

3 Pembukaan Gambit Populer dalam Catur, Dikorbankan dengan Tujuanpembukaan Greco Gambit (lichess.org)

Pembukaan Catur Greco, juga dikenal sebagai Gambit Greco, adalah salah satu gambit tertua yang masih dimainkan hingga saat ini. Gambit ini dinamai menurut pemain catur Italia, Gioachino Greco, yang pertama kali memainkannya pada abad ke-16. Pada dasarnya, pemain putih mengorbankan pion d4 untuk mendapatkan keuntungan posisi dan mengganggu rencana pemain hitam.

Permainan diawali dengan langkah 1. e4 e5 2. Nf3 Nc6 3. Bc4 Nf6 4. d4 dan gambit dimulai saat pion d4 dikorbankan. Harapannya, putih mendapatkan kompensasi berupa pengembangan cepat dan tekanan pada posisi lawan. Posisi hitam akan lebih terbuka dan kamu harus segera mengeluarkan perwira kamu dengan hati-hati.

Ketiga gambit dalam strategi catur ini menunjukkan bagaimana pengorbanan materi kecil dalam pembukaan catur dapat memberikan kompensasi jangka panjang. Pembukaan gambit ini seimbang antara agresif dan posisional. Akan tetapi, kamu harus mempelajari lebih lanjut supaya pengorbanan itu tidak sia-sia.

Baca Juga: 4 Pembukaan Catur Paling Agresif, Ideal untuk Pemula!

Theodore Siagian Photo Verified Writer Theodore Siagian

ig : tmarvell_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya