3 Prinsip dalam Permainan Catur, Pemula Wajib Paham!

Kuasai prinsip dasar ini sebelum masuk ke strategi lainnya

Bagi seorang pemula, menguasai prinsip-prinsip dasar dalam permainan catur sangatlah penting. Seperti halnya sebuah bangunan yang kokoh, prinsip-prinsip inilah yang akan menjadi landasan dalam permainan catur.

Permainan catur bukan hanya sekadar menggerakkan bidak-bidak di atas papan, tetapi juga merupakan sebuah strategi yang membutuhkan kecerdikan dan perhitungan yang matang. Menguasai prinsip akan sangat membantu kamu dalam membuat strategi.

1. Mengontrol petak pusat

3 Prinsip dalam Permainan Catur, Pemula Wajib Paham!ilustrasi mengontrol petak pusat (pexels.com/Nicolás Langellotti)

Salah satu prinsip paling fundamental dalam permainan catur adalah menguasai dan mengontrol petak-petak pusat pada papan. Petak-petak tengah yang harus kamu kuasai yaitu e4 dan e5 untuk bidak putih serta d4 dan d5 untuk bidak hitam. Pemain yang berhasil mengontrol area ini akan memiliki keunggulan signifikan dalam mengendalikan alur permainan.

Saat kamu berhasil menguasai petak pusat, pergerakan perwira lawan akan lebih terbatas. Selain itu kamu bisa mempercepat perkembangan perwira ke posisi yang lebih aktif. Menguasai petak pusat tidak selalu menggunakan pion, tetapi bisa dengan semua perwira yang terlibat untuk mengancam titik pusat.

Baca Juga: 3 Pembukaan Gambit Populer dalam Catur, Dikorbankan dengan Tujuan

2. Mengembangkan perwira dengan cepat

3 Prinsip dalam Permainan Catur, Pemula Wajib Paham!ilustrasi pengembangan perwira (unsplash.com/Praveen Thirumurugan)

Perwira adalah buah catur selain pion dan raja, yaitu kuda, gajah, benteng, dan menteri. Mengembangkan perwira sejak awal permainan memungkinkan pemain untuk mengontrol lebih banyak petak pada papan. Usahakan untuk mengembangkan perwira lebih awal agar kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik.

Pengembangan perwira yang baik harus bisa mengancam dan membuka jalan untuk bidak lain. Biasanya, pengembangan perwira dilakukan sampai raja bisa melakukan rokade. Rokade adalah gerakan khusus yang memindahkan raja dan salah satu benteng ke posisi yang lebih aman dan terhubung.

3. Menguasai teori pembukaan

3 Prinsip dalam Permainan Catur, Pemula Wajib Paham!ilustrasi mempelajari catur (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pembukaan merupakan fase awal dari sebuah pertandingan catur. Tiap langkah yang diambil akan memiliki dampak signifikan terhadap permainan. Terdapat banyak pembukaan yang sudah diteliti dan diuji oleh para ahli, grandmaster, maupun komputer. Kamu harus memahami pola-pola pembukaan untuk membangun posisi yang solid dan menguntungkan diawal.

Terdapat banyak keuntungan dari menguasai teori pembukaan dengan baik, mulai dari menghindari kesalahan di awal permainan, mengetahui rencana dan ide-ide dalam pembukaan, serta menyimpan waktu dan energi dengan efektif. Kamu bisa menguasai pembukaan dengan membaca buku-buku catur, menonton video youtube, dan menganalisis permainan dari grandmaster. Setelah banyak menganalis, jangan lupa langsung terapkan di atas papan.

Selama kamu memahami dan memegang ketiga prinsip tersebut, kamu akan merasakan peningkatan kemampuan dalam bermain catur. Ingatlah bahwa catur adalah permainan yang membutuhkan latihan dan pengalaman. Jadi, jangan menyerah dan teruslah belajar, ya!

Baca Juga: 4 Pembukaan Catur Paling Agresif, Ideal untuk Pemula!

Theodore Siagian Photo Verified Writer Theodore Siagian

ig : tmarvell_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya