PSM Pakai Trik Mengulur Waktu, Thomas Doll Uring-uringan

Cara PSM dinilai ganggu keseruan pertandingan lawan Persija

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, kecewa dengan gaya bermain PSM Makassar. Dia menilai, kesebelasan tamu kerap mengulur waktu hingga beberapa kali jalannya pertandingan terhenti. 

Duel Persija melawan PSM yang berjalan panas berakhir dengan skor imbang 1-1 dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Senin, 3 Juni 2023.

Doll sebenarnya memasang ekspektasi tinggi. Juru taktik asal Jerman itu berharap bisa melihat pertandingan yang seru, karena Persija harus bersua jawara Liga 1 musim lalu.

Sebaliknya, dia merasa kecewa karena Juku Eja tak menyajikan permainan yang memukau. Pemainnya dianggap lebih sering mengulur waktu dalam laga itu, terlebih usai unggul atas Persija. 

"Banyak pemain PSM yang mengulur waktu. Jakmania datang untuk nonton pertandingan bola, bukan melihat orang guling-gulingan di lapangan," kata Doll dalam jumpa pers selepas laga.

1. Doll hitung jumlah Yuran berbaring di atas lapangan

PSM Pakai Trik Mengulur Waktu, Thomas Doll Uring-uringanPelatih Persija, Thomas Doll dalam jumpa pers usai menghadapi PSM, Senin (3/7/2023). (Dok. Persija).

Salah satu pemain yang disorot Doll adalah Yuran Fernandes. Bek berpaspor Cape Verde itu, dianggap Doll sebagai pemain yang paling banyak berbaring di atas lapangan.

Menurut perhitungannya, Yuran tergeletak lebih dari enam kali. Pelatih berpaspor Jerman itu semakin dongkol karena wasit tidak memberikan tindakan tegas kepada sang pemain.

"Saya hitung nomor 4 sudah enam kali menjatuhkan diri di lapangan. Di Eropa, tidak bisa seperti itu. Dia seharusnya bisa dikeluarkan. Permainan itu merusak semuanya," ujar Doll.

Baca Juga: Baru Laga Pertama Liga 1, Persija dan PSM Kritik Wasit!

2. Doll jengkel Yuran bisa bermain 90 menit

PSM Pakai Trik Mengulur Waktu, Thomas Doll Uring-uringanPersija ditahan imbang PSM 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (3/7/2023). (Dok. Persija).

Doll juga melempar sebuah sindiran kalau Yuran lebih baik diangkut memakai ambulans. Hal itu dia lontarkan setelah kesal karena sang pemain bisa bermain 90 menit penuh setelah kerap guling-gulingan di atas lapangan.

"Saya rasa anda harus keluar lapangan dan mungkin ambulance harus datang untukmu," ujar Doll dengan raut kesal. 

3. Tavares berikan pembelaan kepada penggawa PSM

PSM Pakai Trik Mengulur Waktu, Thomas Doll Uring-uringanPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares membawa Kenzo di sesi jumpa pers usai hadapi Persija, Senin (3/7/2023). (IDN Times/Tino).

Sementara, pelatih PSM Bernardo Tavares memberikan pembelaan saat disinggung awak media soal gaya mengulur waktu tersebut. Menurutnya, anak-anak PSM yang tampil memang kelelahan.

"Ini karena intensitas pertandingan. Kami adalah tim yang memberikan bola kepada lawan dan mengandalkan transisi dengan cepat. Kami lebih banyak bekerja tanpa bola. Saat anda berlari sekian jauh dengan kurun waktu yang lama, ini membuat fisik dan mental anda turun. Ini yang terjadi kepada pemain kami," ujar Tavares.

Baca Juga: Gol Telat Ryo Matsumura Selamatkan Persija dari Kekalahan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya