Bareng Akademi VR46, MGPA Siap Lahirkan Pembalap Berkelas

Demi pembalap Indonesia eksis di level internasional

Jakarta, IDN Times - PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah mengantongi program khusus guna menjaring bibit pembalap potensial Indonesia. Pembalap yang terpilih, nantinya akan dikirim ke akademi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Program tersebut dipaparkan Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria. Rancangannya pun sudah mendapat dukungan penuh dari Menpora Dito Ariotedjo, usai bertemu di Kemenpora pada Selasa (9/1/2024).

"Tahun ini ada VR46 di Indonesia. Nanti kan ada akademinya juga, nah orangnya dari mana? Kan harus dicari. Salah satunya dari Mandalika Racing Series," kata Priandhi saat ditemui di Kemenpora.

1. Jaring pembalap potensial dari Kejurnas Mandalika Racing Series

Bareng Akademi VR46, MGPA Siap Lahirkan Pembalap BerkelasSuasana lintasan di Sirkuit Pertamina Mandalika. (IDN Times/Tino).

MGPA telah membuat wadah untuk menjaring bibit potensial tersebut, yakni Kejurnas Mandalika Racing Series pada tahun ini. Dalam ajang tersebut, pembalap muda yang menonjol bakal disalurkan ke akademi milik Valentino Rossi di Indonesia.

"Yang bagus-bagus kami dorong ke mereka, keapa? Kalau cuma nyari aja, kan belum kelihatan kiprahnya. Kami cari yang punya karakter dan gaya balapannya bagus buat ikutan di akademi VR46," ujar Priandhi.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Jadi Sponsor VR46, Bayar Berapa?

2. Mau gembleng pembalap dari usia 10 tahun

Bareng Akademi VR46, MGPA Siap Lahirkan Pembalap BerkelasPembalap Veda Ega Pratama juara di Buriram (Dok. IDN Times)

Sasarannya adalah pembalap belia, mulai dari 10 tahun. MGPA juga membuka peluang kepada mereka yang memiliki potensi besar untuk ikut mengaspal di Asia Road Racing Championship (ARRC).

"Gini, akademi itu Mandalika Riders Talent namanya. Nanti, kami akan cari bibit pembalap yang masih muda, targetnya mulai umur 10 tahun. Mereka akan latihan di situ," kata Marketing Manager MGPA, Try Agung Hartanto.

"Kami akan uji mereka di Mandalika Racing Series setelah mengikuti Riders Talent ini. Kalau itu sudah oke dan cocok, kami naikin ke ARRC. Kalau juara di ARRC, ada potensi untuk naik lagi," kata Try Agung.

3. Kolaborasi juga dengan Kemenpora

Bareng Akademi VR46, MGPA Siap Lahirkan Pembalap BerkelasMenpora Dito saat ditemui di MNC Tower. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam program ini, MGPA juga berkolaborasi dengan Kemenpora. Harapnya, terobosan ini bisa melahirkan pembalap lokal yang eksis di level internasional.

"Karena ini olahraga, kami juga berkolaborasi dengan Menpora, gitu. Niatnya adalah menciptakan bibit pembalap nasional kita, buat jadi local heroes agar kiprahnya bisa melambung kata Try Agung.

Baca Juga: Tentang VR46 Academy yang Mulai Jadi Rujukan di Italia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya