Jadi Duta FIBA Asia Cup, Raffi Ahmad Yakin Indonesia ke Piala Dunia

Timnas Basket Indonesia diyakini lolos ke FIBA World Cup

Jakarta, IDN Times - Raffi Ahmad ditunjuk sebagai Duta FIBA Asia Cup 2022, yang akan berlangsung 12-24 Juli mendatang. Sebagai duta, dia optimistis Timnas Basket Indonesia bisa mencuri satu tiket Piala Dunia di FIBA di ajang ini.

Optimisme Raffi itu tak lepas dari status Indonesia yang jadi tuan rumah ajang tersebut. Selain itu, kualitas Timnas Basket Indonesia dianggapnya telah meyakinkan untuk berbicara banyak di Istora Senayan nanti.

1. Timnas Basket Indonesia punya momentum

Jadi Duta FIBA Asia Cup, Raffi Ahmad Yakin Indonesia ke Piala DuniaPotret Yudha Saputera saat bela Timnas Basket Indonesia vs Yordania, Senin (4/7/2022). (dok. FIBA)

Kendati begitu, Raffi tak menampik bahwa perjuangan tim Garuda akan terasa berat. Sebab, Marques Bolden dan kawan-kawan tergabung di Grup A, bersama tim kuat seperti Arab Saudi, Yordania dan Australia.

Indonesia juga berpeluang lolos secara otomatis, karena berstatus tuan rumah bersama dengan Filipina dan Jepang. Namun, kualifikasi otomatis untuk Indonesia bersifat sementara.

Timnas Basket Indonesia harus masuk peringkat delapan besar di FIBA Asia Cup 2022 jika ingin mengunci debutnya di Piala Dunia. Akan hal itu, Raffi sangat optimistis.

"FIBA Asia ini kita harap Indonesia bisa masuk delapan besar biar bisa masuk World Cup. Apalagi kita tuan rumah, kita harus sukseskan," kata Raffi dalam konferensi pers Tur Trofi FIBA Asia Cup 2022, di Pos Bloc, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Indonesia Sudah Petakan Kekuatan Lawan di FIBA Asia Cup

2. Kemal Palevi dan Yosi Komula juga optimistis

Jadi Duta FIBA Asia Cup, Raffi Ahmad Yakin Indonesia ke Piala DuniaTimnas Basket Indonesia raih emas di SEA Games 2021 Vietnam (Foto: Instagram/marquesbolden)

Selain Raffi, Kemal Palevi dan Yosi Komula ditunjuk sebagai influencer. Mereka juga optimistis Timnas Basket Indonesia bisa melenggang ke Piala Dunia melalui ajang ini.

Kemal yakin Indonesia bisa unjuk gigi di single event ini. Selain berlaga di Istora, Komika sekaligus Youtuber itu menilai Timnas Basket Indonesia sedang berada di era keemasannya.

"Ini adalah momentum, apalagi abis dapat emas di SEA Games," ujar Kemal.

"Filipina yang bersatus peringkat enam (FIBA Men's Ranking Asia) aja bisa kita kalahkan. Seharusnya bisa menang dari Yordan atau Arab yang peringkatnya di bawah Filipina," ujar Yosi.

3. Jadwal Timnas Basket Indonesia di fase grup FIBA Asia Cup 2022

Jadi Duta FIBA Asia Cup, Raffi Ahmad Yakin Indonesia ke Piala DuniaTrofi FIBA Asia Cup 2022, (IDN Times/Tino)

Berikut adalah jadwal Indonesia di fase grup FIBA Asia Cup 2022

12 Juli 2022, 17:30 WIB: Timnas Basket Indonesia vs Arab Saudi

14 Juli 2022, 17:30 WIB: Timnas Basket Indonesia vs Yordania

16 Juli 2022, 17:30 WIB: Timnas Basket Indonesia vs Australia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya