Persija Segera Bereskan Utang Demi Selamat dari Sanksi FIFA

Disanksi larangan aktivitas transfer tiga periode

Jakarta, IDN Times - Manajemen Persija Jakarta akhirnya bersuara setelah mendapat hukuman berat dari FIFA. Dalam rilis yang ditelurkan FIFA, Selasa (2/4/2024), Macan Kemayoran disanksi larangan aktivitas transfer selama tiga periode.

Sanksi itu memaksa Persija hanya bisa memperpanjang kontrak pemain. Itu karena manajemen tidak bisa mendaftarkan pemain baru, terhitung hingga jendela transfer musim panas 2025.

1. Disanksi karena ada utang

Persija Segera Bereskan Utang Demi Selamat dari Sanksi FIFAPotret latihan Persija sebelum melawan Persik. (Dok. Persija).

Direktur Utama Persija, Ambono Janurianto, menjelaskan sanksi tersebut masih berupa ancaman. Itu karena Macan Kemayoran masih ada utang kepada klub lain, terkait transfer pemain pada awal musim ini.

Pada bursa transfer musim panas 2023 lalu, Persija mendatangkan Maciej Gajos, Rizky Ridho, hingga Ryo Matsumura. Namun, Ambono tak menjelaskan secara gamblang soal transfer pemain yang masih bermasalah.

Baca Juga: APPI: Persija Kena Hukum FIFA Bukan karena Kasus Marko Simic

2. Segera selesaikan kewajiban

Persija Segera Bereskan Utang Demi Selamat dari Sanksi FIFAPemain Persib Bandung berduel dengan gelandang Persija dalam laga lanjutan Liga 1 2023/24. (Dok. Persija)

Ambono menyatakan manajemen Persija segera berkoordinasi dengan klub yang bersangkutan. Mereka bakal menyelesaikan kewajiban, agar ancaman sanksi tersebut bisa dicabut.

"Kami akan menyelesaikan kewajiban dengan klub terkait dalam waktu dekat sebelum bursa transfer baru dibuka," kata Ambono dalam keterangan resmi Persija.

3. Bukan hanya Persija

Persija Segera Bereskan Utang Demi Selamat dari Sanksi FIFAPersiraja merayakan gol penalti Zikri Ardiansyah (instagram/persirajaofficial)

Dalam rilis yang ditelurkan FIFA, ada tiga klub selain Persija yang juga mendapatkan sanksi serupa. Mereka adalah Sada Sumut FC, Persiraja, dan Persikab Kab. Bandung.

Mereka dilarang melakukan aktivitas transfer dalam tiga periode ke depan. Aktivitas transfer itu berlaku untuk skala nasional maupun internasional.

Baca Juga: Persija Kena Sanksi FIFA, Dilarang Transfer di 3 Periode

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya